Surat Gembala Uskup Keuskupan Manado Dalam Rangka Pelaksanaan Sinode Keuskupan

Berikut ini adalah surat gembala Keuskupan Manado dalam rangka pelaksanaan Sinode Keuskupan

Surat Gembala Uskup Keuskupan Manado Dalam Rangka Pelaksanaan Sinode Keuskupan
tribunmanado/David Manewus
Uskup Keuskupan Manado Mgr. Benedictus E. Rolly Untu, MSC 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Berikut ini adalah surat gembala Keuskupan Manado dalam rangka pelaksanaan Sinode Keuskupan, tanggal 8-13 Juli 2018)

Yang terkasih: Para Pastor, Frater, Suster, Bapak, Ibu, Saudara, Saudari, Umat Katolik Keuskupan Manado

1. Pertama-tama disampaikan selamat ber-Yubileum. Kita sudah merayakan Yubileum 150 tahun bertumbuh dan berkembangnya kembali secara berkelanjutan Gereja Katolik di Keuskupan Manado sejak pencanangannya pada tanggal 14 September 2017.

Sejak bulan Januari 2018, kita mulai ber-Yubileum sambil melibatkan diri dalam rupa-rupa program dan kegiatan yang diarahkan oleh Panitia Yubileum.

Kita sungguh bergembira pada waktu mendengar dan menyaksikan keramaian ber-Yubileum yang tersaji melalui rupa-rupa kegiatan di semua lapisan umat di tingkat Wilayah Rohani, Stasi, Paroki, dan Kevikepan.

Sungguh, dengan semangat, kita semua boleh bersatu dengan ungkapan iman: "Betapa mulia Nama-mu Ya Tuhan di seluruh bumi" (Mz. 8:10).

2. Sementara kita menantikan perayaan puncak Yubileum pada tanggal 14 September 2018 nanti, kita akan mengadakan Sinode Keuskupan pada tanggal 8-13 Juli 2018.

Sinode Keuskupan adalah: "himpunan imam-imam dan orang-orang beriman kristiani yang terpilih dari Gereja partikular, untuk membantu Uskup Diosesan demi kesejahteraan seluruh komunitas diosesan" (Kan. 460).

Jelas dari rumusan ini bahwa mereka yang diundang untuk ambil bagian dalam sinode adalah "orang-orang terpilih" dari antara para imam, biarawan-biarawati, kaum awam baik yang mewakili 9 wilayah teritorial Kevikepan maupun yang mewakili kelompok-kelompok kategorial.

Orang-orang yang terpilih ini diundang untuk duduk bersama dengan Uskup, mendalami visi dan misi Uskup untuk membangun Keuskupan Manado yang sejahtera lahir dan batin, sambil berdiskusi, berbagi pendapat dan pengalaman, berkaitan dengan tema-tema pastoral yang mendukung pencapaian visi dan pelaksanaan misi Uskup.

Halaman
12
Penulis: David_Manewus
Editor: Arthur_Rompis
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved