BKKBN Kembangkan Program GenRe Berteman

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyelenggarakan kegiatan GenRevolution Berteman

BKKBN Kembangkan Program GenRe Berteman
ISTIMEWA
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyelenggarakan kegiatan GenRevolution Berteman di Aula Serbaguna Kantor Wali Kota Manado, Rabu (4/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Ryo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyelenggarakan kegiatan GenRevolution Berteman di Aula Serbaguna Kantor Wali Kota Manado, Rabu (4/7/2018).

Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN, M Yani mengungkapkan, BKKBN mengembangkan GenRe sebagai intervensi terhadap tantangan dan permasalahan remaja di Indonesia.

Remaja saat ini akan menjadi bagian dari Generasi Emas Indonesia, generasi yang pada tahun 2045, saat Indonesia memasuki usia 100 tahun merdeka, akan berusia antara 35-54 tahun.

"Generasi ini akan berada pada usia produktif sehingga secara pasti akan mewarnai dan menjadi nahkoda bangsa ini," kata dia dalam rangkaian kegiatan Hari keluarga nasional (Harganas) XXV tahun 2018.

Lanjut dia, GenRe dilaksanakan BKKBN bersama mitra kerja melalui 2 pendekatan. Pertama, pembentukan PIK-R dengan sasaran remaja berusia 10-24 tahun dan belum menikah.

Kedua, pembentukan kelompok kegiatan (poktan) Bina Keluarga Remaja (BKR), yang menyasar keluarga dan orang tua, khususnya yang memiliki remaja.

Melalui GenRe, remaja dibina dan diarahkan untuk mampu menjalani masa transisi kehidupan remaja. Masa transisi dimaksud dibagi ke dalam 5 transisi kehidupan yakni melanjutkan sekolah (continue learning), mencari pekerjaan (start working), memulai kehidupan berkeluarga (form families), menjadi anggota masyarakat (exercise citizenship) dan mempratikkan hidup sehat (practice healthy life).

Adapun, M Yani menjelaskan GenRe berteman artinya bersih, tertib aman. Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kreatifitas remaja (pendidik sebaya) dalam pengembangan kegiatan-kegiatan pada kelompok Pusat Informasi dan Konseling (PIK) remaja.

Saling bertukar pengalaman antara sesama remaja yang tergabung didalam PIK Remaja dan menjalin kebersamaan di antara pengelola PIK remaja seluruh Indonesia khususnya dalam menyelesaikan persoalan masalah remaja. Menumbuhkan semangat dan rasa memiliki wadah PIK remaja bagi setiap remaja yang bergabung dalam PIK Remaja.

Halaman
12
Penulis: Ryo_Noor
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help