Di Sulut, Jagung Catat Transaksi Rp 3,5 Miliar

Komoditi jagung mencatat transaksi Rp 3,5 miliar dalam setiap PLKA yang digelar oleh Disperindag Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (29/6/2018).

Di Sulut, Jagung Catat Transaksi Rp 3,5 Miliar
TRIBUN MANADO/HERVIANSYAH
Kepala Disperindag Sulut Jenny Karouw. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Komoditi jagung mencatat transaksi Rp 3,5 miliar dalam setiap Pasar Lelang Komoditas Agro (PLKA) yang digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (29/6/2018).

"Memang jagung selalu mencatat penjualan tertinggi hampir disetiap pasar lelang. Seperti pada PLKA periode ke-3 beberapa waktu lalu yang nilai transaksinya Rp 3,5 miliar," ujar Kepala Disperindag Sulut Jenny Karouw.

Karouw menambahkan jumlah tersebut berasal dari transaksi 1.000 kilogram dengan harga Rp 3.500 kilogram.

Untuk itu bagi petani dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus memanfaatkan PLKA untuk menjual komoditi dan produk yang dihasilkan.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sulut Hanny Wajong mengungkapkan dslam PLKA ke-3 harga jagung yang terjual dengan harga terbaik Rp 3.500 per kilogram.

"Harga tersebut cukup bagus," katanya.

Selain itu ada juga transaksi gula merah yang terjual sebanyak 3.000 buah, dengan harga satuan Rp 24.000 per kilogram dengan total transaksi Rp72 juta. Selanjutnya gula aren semut sebesar Rp18 juta, buah salak sebesar Rp 36 juta.

PLKA merupakan sarana pertemuan antara penjual dan pembeli sehingga tidak ada perantara lagi.

Dengan demikian menghasilkan harga terbaik. (Tribun Manado/Herviansyah)

Penulis: Herviansyah
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help