Jalin Kebersamaan, Babinsa Sangkub Dampingi Petani Panen Jagung

Diharapkan dukungan ini mampu membantu pemerintah dalam menciptakan swasembada pangan.

Jalin Kebersamaan, Babinsa Sangkub Dampingi Petani Panen Jagung
ISTIMEWA
Babinsa Sangkub, Bolmut, Sulawesi Utara, dampingi petani memanen jagung. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Dirgahayu Desa Sangkub, Kecamatan Sangkub Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Sulawesi Utara, bersama anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1303-15/Bintauna, Kopda Densi Suwardi memanen jagung di desa itu, Senin (25/06/2018).

Danramil 1303-15/Bintauna Kapten Inf Edy Sakli mengungkapkan bahwa panen jagung hasil kerja sama Babinsa dan petani ini merupakan bentuk dukungan terhadap program ketahanan pangan digalakkan pemerintah daerah.

Diharapkan dukungan ini mampu membantu pemerintah dalam menciptakan swasembada pangan.

“Program ketahanan pangan digalakkan pemerintah tidak hanya tanaman padi saja, akan tetapi juga tanaman pangan yang lain, seperti jagung dan kedelai. Untuk itu, TNI melalui Babinsa di tingkat desa dan Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) terus memberikan pendampingan kepada petani untuk menanam ketiga sumber makanan pokok tersebut,” tuturnya.

Di sela-sela istirahat, Ketua Kelompok Tani Bapak Burhan Hinnur, menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi kepada Babinsa dan tim penyuluh pertanian yang telah bekerja keras sehingga dapat menghasilkan panen jagung yang cukup memuaskan.

Jenis jagung Bisi-2, luas lahan 1 ha serta hasil panen sekitar 3 ton dan harga jual mencapai Rp 3.100 per kilogram.

“Sebelumnya tanaman jagung ini, kami kelompok tani menanam padi dan para Babinsa pun juga ikut ke sawah bersama kami menanam padi, bahkan mulai dari pengolahan lahan, pembibitan, perawatan, panen sampai penjualan didampingi terus oleh Babinsa,” ungkap Ketua Kelompok Tani dengan tulus.

Disamping itu Kopda Densi Suwardi mengungkapkan, selaku Babinsa bersama PPL akan terus melakukan pendampingan kepada petani.

"Kami akan bersama-sama baik saat pembukaan lahan baru, pengantaran pupuk, penyemprotan hama dengan petani maupun kelompok tani. Kami sangat mengharapkan kerjasama dari masing-masing kelompok tani," tutup Babinsa Sangkub. (Tribunmanado.co.id/Maickel Karundeng)

Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved