Petugas Imigrasi Tahuna Periksa Kapal Pesiar Asal Prancis di Kepulauan Nitu

Petugas Imigrasi Tahuna memeriksa kedatangan kapal pesiar asing berbendera Prancis yang masuk ke Pulau Nitu

Petugas Imigrasi Tahuna Periksa Kapal Pesiar Asal Prancis di Kepulauan Nitu
ISTIMEWA
Petugas Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Tahuna memeriksa kedatangan kapal pesiar asing berbendera Prancis yang masuk ke Pulau Nitu di Wilayah Kebupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Minggu (25/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Nielton Durado

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Petugas Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Tahuna memeriksa kedatangan kapal pesiar asing berbendera Prancis yang masuk ke Pulau Nitu di Wilayah Kebupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Minggu (25/6/2018).

Kapal pesiar dengan nama L 'Austral tersebut datang dari Filipina dan mendarat di Pulau Nitu dengan tujuan melihat eksotisme pantai di Kepulauan Sangihe.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Adityo Ari Wibowo yang memimpin pemeriksaan menjelaskan bahwa kapal pesiar tersebut membawa 219 penumpang yang terdiri dari 217 Warga Negara Asing dan 2 orang Warga Negara Indonesia, serta 144 orang crew, 22 orang crew diantaranya adalah WNI.

"Dari hasil pemeriksaan kapal L' Austral telah memiliki izin untuk masuk ke Wilayah Indonesia dengan membawa serta wisatawan asing untuk berwisata di Wilayah Indonesia," ujar dia ketika dihubungi Tribun Manado, Senin (25/6/2018).

Selain itu Wibowo juga menjelaskan dalam rangka melaksanakan pelayanan Keimigrasian dan mendukung Pariwisata Indonesia, Direktorat Jenderal Imigrasi menugaskan 2 orang Pejabat Imigrasi dari Direktorat Jenderal Imigrasi di Jakarta untuk melakukan pemeriksaan Keimigrasian diatas kapal L' Austral.

"Pemeriksaan paspor dilakukan diatas kapal oleh petugas Imigrasi ketika kapal berlayar dari wilayah Filipina menuju Kabupaten Kepulauan Sangihe, ini kami sebut dengan Immigration On Shipping (IOS). Dengan demikian seluruh paspor penumpang dan crew kapal tidak diperiksa lagi ketika tiba didarat," kata dia.

Rencananya kapal L 'Austral akan berlayar di Wilayah Indonesia dan mengunjungi pulau pulau di Indonesia sampai tanggal 27 Juni 2018 kemudian akan menuju ke Darwin Australia. (nie)

Penulis: Nielton Durado
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved