Turis China 'Buang Duit' Rp6,4 Triliun Selama Piala Dunia

Survei yang dilakukan lembaga survei FIFA menyebutkan bahwa 87 persen responden dari China menyatakan keinginanannya menonton Piala Dunia

Turis China 'Buang Duit' Rp6,4 Triliun Selama Piala Dunia
REUTERS/Ilya Naymushin
Ilustrasi mata uang Rubel 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Agen perjalanan pariwisata Ctrip menyebutkan bahwa Piala Dunia 2018 di Rusia menjadi magnet 100 ribu penggemar sepak bola dari China yang menghabiskan uang 3 miliar RMB (sekitar Rp6,45 triliun) dengan asumsi setiap orang mengeluarkan sedikitnya 30 ribu RMB (sekitar Rp6,4 juta).

Menurut pihak Ctrip, saat ini tersedia 20 kali penerbangan langsung dari China menuju Rusia dalam sehari.

Jadwal penerbangan langsung dari beberapa kota di China, seperti Xi'an, Nanchang, Guiyang, dan Fuzhou menuju Moskow dan St Petersburg juga ditambah.

Platform agen perjalanan terbesar berbasis daring yang berkantor pusat di Shanghai itu memperkirakan 4.000 turis China tiba di Rusia setiap harinya selama Piala Dunia 2018.

Selama Piala Dunia yang digelar pada 14 Juni-15 Juli 2018, sebanyak 5.000 penggemar sepak bola dari China membeli paket perjalanan melalui Ctrip.

Angka itu lebih besar dua kali lipat dibandingkan dengan Piala Dunia 2014 di Brazil.

Survei yang dilakukan lembaga survei FIFA menyebutkan bahwa 87 persen responden dari China menyatakan keinginanannya menonton Piala Dunia, lebih banyak daripada responden dari Rusia, Brazil, Italia, dan Amerika Serikat.

Kebijakan bebas visa lebih memudahkan perjalanan menuju Rusia. Sejumlah kawasan China seperti Shanghai, Beijing, Chengdu, Chongqing, dan Xi'an menjadi penyumbang turis terbanyak ke Rusia.

Namun turis dari Guangdong, Hebei, Fujian, dan Beijing lebih banyak yang gemar menonton Piala Dunia ke Rusia.

Selain itu, nilai tukar RMB terhadap Rubel yang terus membaik memberikan kesempatan terbaik baik bagi turis China yang gemar berbelanja di Rusia.

Sepuluh kota di Rusia, termasuk Moskow, St Petersburg, Sochi, Vladivostok, dan Irkutsk paling banyak dikunjungi turis.

Delapan dari sepuluh kota itu menjadi tempat penyelenggaraan Piala Dunia.

Sayangnya tim nasional China gagal lolos ke putaran Final Piala Dunia 2018 di Rusia setelah anak asuh Marcello Lippi disisihkan Korea Selatan dan Iran di babak kualifikasi Asia Grup A. (ard)

Editor: Fernando_Lumowa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help