Alasan Anak Suka Berbohong dan Cara Mengatasinya

Anak-anak sering berbohong karena mereka tidak tahu perbedaan antara kebenaran dan kebohongan.

Alasan Anak Suka Berbohong dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Anak-anak sering berbohong karena mereka tidak tahu perbedaan antara kebenaran dan kebohongan. Mereka berbohong untuk menyembunyikan sesuatu yang telah mereka lakukan namun salah dan untuk menghindari konsekuensi negatif.

Mereka mungkin berbohong kepada orang dewasa sesuai dengan situasi mereka, misalnya, jika anak-anak ingin bermain, mereka berbohong tentang pekerjaan rumah mereka.

Orangtua harus membuat anak-anak menyadari bahwa berbohong adalah kebiasaan buruk dan itu akan membuat mereka menjadi masalah. Orangtua harus menjelaskan pentingnya kejujuran dan menjadikannya sebagai aturan di rumah.

Mari kita lihat mengapa anak-anak berbohong dan bagaimana kita dapat mengatasinya.

Peran model kejujuran

Menjadi role model kejujuran dengan mengatakan kebenaran sepanjang waktu. Orangtua tidak boleh berbohong tentang usia anak mereka saat membeli tiket bus, misalnya, atau untuk mendapatkan makanan lebih murah di restoran.

Anak-anak selalu mencoba meniru apa yang mereka lihat, jadi orangtua harus jujur dan menjadi teladan bagi mereka.

Menjelaskan tentang kebenaran vs kebohongan

Jika seorang anak mengetahui perbedaan utama antara mengatakan kebenaran versus berbohong, maka ia tidak akan pernah berbohong dalam hidupnya.

Orangtua harus menjelaskan konsekuensi dari ketidakjujuran. Ajarkan anak-anak cara menyeimbangkan kejujuran dengan belas kasih, ini adalah keterampilan yang harus dipelajari oleh anak-anak dalam hidup mereka.

Halaman
1234
Tags
anak
bohong
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help