News Analysis

Tambah Libur Jangan Beri Cuti Tahunan

MASIH adanya pegawai negeri sipil (PNS) yang tak masuk kantor setelah melewati libur panjang, perlu diberi sanksi tegas oleh pemerintah.

Tambah Libur Jangan Beri Cuti Tahunan
TRIBUN MANADO/WARSTEF ABISADA
Ferry Liando 

News Analysis oleh:
Ferry Liando
Dosen Fisip Unsrat Manado

MASIH adanya pegawai negeri sipil (PNS) yang tak masuk kantor setelah melewati libur panjang, perlu diberi sanksi tegas oleh pemerintah.

Misalnya dengan tidak memberikan cuti tahunan.

Hal itu penting agar kinerja PNS tetap optimal dalam melayani masyarakat dan mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih.

Dalam surat edaran yang dikeluarkan Menteri PANRB Nomor B/21/M.KT.02/2018, pimpinan instansi pemerintah diimbau tidak memberikan cuti tahunan sesudah pelaksanaan cuti bersama kepada PNS di lingkungan instansi pemerintah masing-masing, kecuali dengan alasan penting.

Kedua, kewibawaan para kepala daerah sangat rendah dalam pandangan PNS, sehingga sebagian PNS gampang melakukan pelanggaran.

Sanksi bagi PNS yang bolos menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS memang sangat ringan.

PP ini mengatut bahwa bagi yang bolos hanya terkena sanksi tidak disiplin atau hanya kena peringatan lisan atau tertulis.

Sanksinya cuma surat cinta. Tidak ada efek jerah atau sangsi memberatkan.

PNS akan disiplin jika sanksinya berat.

Jika hanya surat peringatan, itu nilainya sama dengan surat cinta. (Tribun Manado/Warstef Abisada)

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help