Cuti Kampanye Pilkada 2018 Berakhir, 4 Petahana Kembali ke 'Singasana'

Masa cuti kampanye telah berakhir, Kepala daerah berstatus petahana kontestasi Pilkada 2018 akan kembali aktif

Cuti Kampanye Pilkada 2018 Berakhir, 4 Petahana Kembali ke 'Singasana'
TRIBUNMANADO/RYO NOOR
Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut DR Jemmy Kumendong 

Laporan Wartawan Tribun Manado Ryo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kepala daerah berstatus petahana kontestasi Pilkada 2018 akan kembali aktif sebagai Bupati/Wali Kota setelah menyelesaikan masa cuti kampanye.

Keampatnya yakni James Sumendap Bupati Minahasa Tenggara), Sri Wahyuni Manalip Bupati Talaud, Depri Pontoh (Bupati Bilang Mongondow Utara) dan Tatong Bara Walikota Kotamobagu akan kembali lagi ke 'singasana' sebagai kepala daerah.

Seorang lagi, yang akan aktif yakni Wakil Wali Kota Kotamobagu, Djainudin Damapolii

Selama 3 bulan, para petahana melepas sementera 'singgasana'. Aktivitas pilkada yang harus dijalani, sesuai aturan tak bisa dicampur adukan dengan urusan daerah.

Jabatan mereka digantikan sementara waktu oleh pelaksana tugas.

Wakil Bupati Bolmut Suriansyah Korompot ditunjuk sebagai Plt Bupati. ronald Kandoli Wakil Bupati Mitra ditunjuk sebagai Plt Bupati, dan begitu pun Wakil Bupati Talaud Petrus Tuange.

Para wakil Bupati ini tak ikut kontestasi Pilkada sehingga secara otomatis menjadi pelaksana tugas.

Sementera khusus di Kotamobagu, Wali Kota Tatong Bara dan Wakil Wali Kota Djainudin Damapolii menjadi rival di Pilkada 2018, keduanya pun harus cuti sehingga Kemendagri menunjuk pejabat dari Pemprov Sulut, Asisten II Rudy Mokoginta sebagai pelaksana tugas walikota.

Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut DR Jemmy Kumendong para kepala daerah akan mengakhiri cuti kampanye 23 Juni 2018, sehingga 24 Juni sudah akan kembali aktif menjadi kepala daerah.

"Kampanye sampai 23 Juni jadi cuti hanya sampai masa kampanye 23 Juni. 24 Juni itu hari Minggu kepala daerah sudah kembali aktif. Yang akan aktif Kepala daerah Mitra, Kotamobagu, Bolmut, dan Talaud," kata dia.

Tak ada prosesi lagi yang akan dijalani, kata Jemmy sesuai konsultasi surat iOn yang disampaikan Kemendagri punya jangka waktu, sehingga tidak perlu diaktifkan kembali

"Kan di surat dicantumkan cuti dari tanggal berapa Hinga tanggal berapa dan langsung aktif setelah itu," jelas Jemmy.

Khusus Minahasa, Jemmy menjelaskan, saat ini masih akan diteruskan kepemimpinan oleh penjabat Bupati Royke Herkules Mewoh untuk mengisi kekosongan jabatan setelah sebelumnya Jantje Wowiling Sajouw mengakhiri masa jabatan.

Masa jabatan penjabat Bupati Minahasa akan berakhir setelah Bupati dan Wakil Bupati Terpilih 2018 dilantik.

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved