Sengatan Kalajengking Setajam Pisau Belum Tentu Beracun

Kalajengking termasuk hewan yang dapat menyulut rasa takut karena sengatan dan racunnya. Benarkah demikian?

Sengatan Kalajengking Setajam Pisau Belum Tentu Beracun
Youtube
Kalajengking 

TRIBUNMANADO.CO.ID -- Kalajengking termasuk hewan yang dapat menyulut rasa takut karena sengatan dan racunnya. Benarkah demikian?

Pada dasarnya, mitos yang selama ini berkembang tentang kalajengking tidak beralasan. Citra negatif kalajengking terlanjur menutup informasi tentang hewan ini.

Sebuah penelitian yang dilakukan Martin Handjaba dari Stasiun Riset Gurun Gobabeb, Namibia tentang kalajengking di gurun Namibia, Afrika mengungkap fakta yang tidak banyak diketahui orang selama ini. 

Menurutnya, manusia justru harus menghormati kalajengking bukan takut dan membunuhnya.

Untuk meneliti kalajengking berukuran kecil, Martin menggunakan pinset.

Sementara saat meneliti kalajengking berukuran besar, ia harus menggunakan sarung tangan khusus untuk tetap aman bila kalajengking menyemburkan racun dan mengenai mata.

Beberapa peneliti yang pernah tersengat kalajengking mengaku sengatannya sangat menyakitkan. Meski begitu, sebenarnya sengatan kalajengking tidak pernah mematikan.

Ini karena kalajengking menyengat tanpa menyuntikkan racun.

Menurut Martin, semburan racun adalah senjata terakhir kalajengking bila merasa sangat terancam bahaya dan agar bisa melarikan diri. "Tergantung pada kepribadian kalajengking, apakah ia menginjeksikan racun," kata Martin.

Mengenal kalajengking dan kepribadiannya

Halaman
1234
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help