Volkswagen Didenda Rp 16,7 Triliun atas Kasus Dieselgate

Pengadilan Jerman telah mendenda Volkswagen AG sebesar US$1,2 miliar atau setara Rp 16,7 triliun atas kasus dieselgate di industri otomotif dunia

Volkswagen Didenda Rp 16,7 Triliun atas Kasus Dieselgate
Istimewa
Volkswagen 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pengadilan Jerman telah mendenda Volkswagen AG sebesar US$1,2 miliar atau setara Rp 16,7 triliun atas kasus dieselgate di industri otomotif dunia.

Kasus mobil diesel yang mengganjal Volkswagen AG mulai 2015 tersebar di seluruh dunia yang akhirnya mencoreng nama besar manufaktur asal Jerman tersebut.

"Ini adalah salah satu denda tertinggi yang pernah dikenakan pada sebuah perusahaan di Jerman," kata Kejaksaan Braunschweig dalam sebuah pernyataan kepada AFP.

Perintah administratif ini telah diterima oleh Volkswagen Group pada Rabu (13/6). Raksasa otomotif Volkswagen mengatakan bersedia membayar denda yang dikenakan oleh jaksa Jerman dan tidak akan mengajukan banding.

"Jaksa penuntut umum Braunschweig mengeluarkan perintah administratif terhadap Volkswagen AG dalam konteks krisis diesel dan membebankan denda 1 miliar Euro pada Volkswagen AG," kata VW dalam sebuah pernyataan.

"Volkswagen AG, dengan demikian, mengakui tanggung jawabnya atas krisis diesel dan menganggap ini sebagai langkah besar lebih lanjut menuju yang terakhir yang diatasi."

Produsen mobil raksasa itu mengaku telah menginstal perangkat lunak yang dapat menipu hasil uji emisi pada 11 juta kendaraan di seluruh dunia. Selain VW, beberapa anak merek lain yang terkena imbasnya adalah Audi, Porsche, Skoda, dan Seat.

Mobil-mobil tersebut terbukti mengeluarkan zat berbahaya di luar ambang batas sehingga dapat menyebabkan penyakit sakit pernapasan dan jantung. VW telah berjanji akan memperbaiki seluruh kendaraan dengan cara mengganti perangkat lunak tersebut.

Skandal emisi Volkswagen berimbas pada pergantian pucuk pimpinan VW. Terakhir Matthias Mueller --yang menggantikan posisi Kepala eksekutif VW Martin Winterkorn-- harus mundur dan diganti oleh Herbert Diess yang efektif bekerja sebagai CEO VW pada April 2018.

Mueller dan Winterkorn diduga menutupi kecurangan dieselgate dari para investor.

Editor: Fernando_Lumowa
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help