Saat Rayakan Ulang Tahun Ke-55, Ratu Elizabeth II Pernah Hampir Dibunuh

Meski Sang Ratu lahir pada bulan April, ulang tahunnya dirayakan secara resmi pada minggu kedua Juni.

Saat Rayakan Ulang Tahun Ke-55, Ratu Elizabeth II Pernah Hampir Dibunuh
Seorang pria mengarahkan senapan pada Ratu Elizabeth II yang tengah menunggang kuda 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tahun ini, Ratu Elizabeth II genap berusia 92 tahun.

Meski Sang Ratu lahir pada bulan April, ulang tahunnya dirayakan secara resmi pada minggu kedua Juni. Kebetulan tahun ini perayaannya jatuh pada Sabtu (9/6).

Menjadi bangsawan sekaligus orang penting di negaranya membuat Ratu Elizabeth II dan keluarga harus mendapat pengamanan yang ekstra ketat. Terlebih saat mereka akan lakukan kunjungan di berbagai tempat ataupun ketika mengadakan acara di istana.

Bukan tanpa alasan, tentu saja pengamanan itu dilakukan agar tak ada hal yang bisa mengancam keselamatan anggota keluarga kerajaan, seperti yang terjadi pada perayaan ulang tahun Ratu Elizabeth II sekitar 37 tahun yang lalu.

Tahun 1981, kala itu Lady Diana baru saja resmi menjadi anggota keluarga kerajaan setelah menikah dengan Pangeran Charles.

Perayaan ulang tahun Sang Ratu atau Trooping the Colour diselenggarakan beberapa minggu setelah pernikahan Charles dan Diana.

Di perayaan itu, Ratu Elizabeth II memimpin Household Cavalry dengan menunggangi kudanya.

Acara baru akan dimulai, tiba-tiba seorang pria kira-kira berusia 17 tahun muncul dan mengarahkan senapan replika pada Sang Ratu yang tengah menunggangi kuda.

Pria itu menembak Ratu Elizabeth II sebanyak enam kali dengan 'peluru kosong'.

Sang Ratu tentu sangat kaget dan terguncang dengan peristiwa yang dialaminya. Tapi dengan cepat ia menenangkan kudanya dan melanjutkan prosesi perayaan ulang tahunnya.

Pria bersenjata itu langsung ditangkap polisi dan dijatuhi hukuman lima tahun penjara.

Di pengadilan, pria itu mengaku berencana membunuh Sang Ratu, tapi tak menemukan senjata yang cocok. Bahkan pria itu juga mengatakan ingin terkenal.

(*)

Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help