FIFA World Cup Russia 2018

Rusia Pecahkan Sejarah di Eropa Timur

Piala Dunia dan sejarah sepak bola tak pernah terpisahkan. Tak heran seluruh negara berlomba menjadi tuan rumah pesta bola sejagat ini.

Rusia Pecahkan Sejarah di Eropa Timur
(AFP)
Lapangan Merah, Moskwa 

 
TRIBUNMANADO.CO.ID - Piala Dunia dan sejarah sepak bola tak pernah terpisahkan. Tak heran seluruh negara berlomba menjadi tuan rumah pesta bola sejagat ini. Kali ini yang beruntung jadi penyelenggara adalah Rusia.

Kamis, 2 Desember 2010, menjadi hari yang tak akan dilupakan oleh rakyat Rusia.

Betapa tidak, pada hari tersebut, negara yang kini dipimpin oleh Presiden Vladimir Putin itu terpilih menjadi tuan rumah perhelatan akbar turnamen sepak bola, Piala Dunia 2018, bersamaan dengan terpilihnya Qatar sebagai penyelenggara untuk Piala Dunia 2022.

Ini merupakan kali pertama dalam sejarah, Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia, selain kali pertama pula bagi negara dari Eropa Timur menjadi tempat penyelenggaraan turnamen empat tahunan tersebut.

Benua Eropa, dalam sejarahnya, memang telah 10 kali menjadi penyelenggara Piala Dunia. Akan tetapi, sebagian besar dihelat di negara-negara dari Eropa Barat dan Selatan.

"Rusia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018, Qatar tuan rumah Piala Dunia 2022," demikian diumumkan Presiden FIFA saat itu, Sepp Blater, seusai voting tertutup oleh 22 anggota Komite Eksekutif FIFA di Zurich Exhibition Centre, Zurich, Swiss, Kamis (2/12/2010), seperti dikutip dari harian Kompas.

Lebih kurang delapan tahun berselang dari pengumuman FIFA tersebut, kini tak terasa Piala Dunia edisi ke-21 itu pun sudah di depan mata. Ajang ini akan berlangsung pada Kamis, 14 Juni hingga 15 Juli 2018.

Sebanyak 32 negara akan bertarung, terdiri dari 14 negara Eropa, 5 negara Amerika Selatan, 3 negara Amerika Utara, Tengah, serta Karibia, 5 negara Afrika, dan 5 negara Asia. Total sebanyak 64 laga akan dipertandingkan.

Vladimir Putin
Vladimir Putin (Brightside)

VIK Piala Dunia 2018

Terkait Piala Dunia 2018, Redaksi Kompas.com, khususnya kanal Bola, pun tak ingin terlewatkan untuk menyambut datangnya perhelatan akbar para aktor sepak bola tersebut.

Halaman
12
Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help