Penampakan Hilal di Manado Terlihat di Pukul 18.08 Wita

Penampakan hilal sudah terlihat di lantai atas gedung MTC Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Penampakan Hilal di Manado Terlihat di Pukul 18.08 Wita
TRIBUN MANADO/INDRI PANIGORO
Tim Hisab Rukyat dari Kementerian Agama Sulut 

Laporan Wartawan Tribun Manado Indri Panigoro

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Penampakan hilal sudah terlihat di lantai atas gedung MTC Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Menurut salah satu anggota Tim Hisab Rukyat dari Kementerian Agama, Mochtar Bonde, penampakan hilal tersebut berada pada sekitar 3 derajat.

"Matahari terbenam 17.47 Wita, Hilal dilihat 18.08 Wita, dan itu sekitar 3 derajat," kata Bonde kepada TribunManado.co.id, Kamis (14/06/2018) malam.

Staff operasional BMKG Manado, Sandy Nur Eko Wibowo selaku saksi yang pertama melihat hilal mengakui jika hilal terlihat hanya sekitar 10 detik saja.

"Hanya 10 detik saja saya lihat tadi kemudian saya sampaikan ke para peruiyat (pemelihat hilal bulan). Memang hilalnya saya lihat tipis dan tidak lama," aku Sandy.

"Jadi tadi dengan menggunakan teropong, posisi hilal bisa lihat hanya per sekian detik saja. Untuk posisi bulan sebelah selatan matahari, bentuk hilal berbentuk sabit ke kanan, dan pada saat hilal terjadi cuaca cerah," terangnya.

Dengan dapat dilihatnya hilal ini, sudah dipastikan Manado, Sulut, pada Jumat (15/06/2018) kaum muslimin dan muslimat bakal melaksakan Salat Id.

"Idulfitri jatuh pada tanggal 15. Besok kita sudah melakukan Salat Id. Hal itu karena penampakan hilal sudah terlihat," kata Ketua MUI Sulut KH Abdul Wahab Abdul Gofur. (Tribunmanado.co.id/Indri Panigoro)

Penulis: Indry Panigoro
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help