Marah Besar Gajah Bunta Dibunuh, Gubernur Aceh Siapkan Rp 100 Juta Bagi Pemberi Informasi Akurat

Kematian gajah Bunta ini membuat Gubernuh Aceh, Irwandi Yusuf marah besar. Dia ingin pelaku ditemukan dan ditindak.

Marah Besar Gajah Bunta Dibunuh, Gubernur Aceh Siapkan Rp 100 Juta Bagi Pemberi Informasi Akurat
Kolase/Twitter/Instagram/@tuluscompanyindonesia
Keadilan untuk gajah Bunta 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Gajah jinak bernama Bunta ditemukan tewas di area Conservation Response Unit (CRU) Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur, beberapa waktu lalu.

Kematian gajah Bunta ini membuat Gubernuh Aceh, Irwandi Yusuf marah besar. 

Dia ingin pelaku ditemukan dan ditindak.

Untuk itu, dia siapkan uang Rp 100 juta bagi siapa pun yang mampu memberi informasi akurat tentang siapa pembunuh gajah tersebut.

Informasi itu disampaikan Gubernur Irwandi melalui akun facebook-nya, Rabu (13/6) sekira pukul 07.30 WIB. Dalam postingannya itu, Irwandi mengatakan hadiah Rp 100 juta tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Aceh.

“Hadiah Rp 100 juta dari Gubernur Aceh bagi yang dapat memberikan informasi akurat yang dapat mengarahkan aparat penegak hukum untuk menangkap pelaku pembunuhan gajah jinak bernama Bunta di Aceh Timur,” tulis Irwandi.

 
Bagi yang ingin memberikan info akurat tentang itu, Irwandi mempersilakan untuk mengirim informasi dimaksud ke email pribadinya, albiruny@gmail.com.

Selaku gubernur, Irwandi menjamin kerahasiaan pelapor atau pemberi informasi kepada dirinya terkait siapa sebenarnya pelaku pembunuhan gajah jinak tersebut. “Kerahasiaan dijamin oleh gubernur,” tegas Irwandi.

Begitupun, Irwandi tetap mengharapkan, pelaku yang telah membunuh Bunta, agar segera menyerahkan diri kepada pihak berwenang, jika tidak maka pelaku harus siap untuk ditangkap pihak kepolisian. “Kepada pelaku diharapkan segera menyerahkan diri kepada yang berwenang atau akan ditangkap dengan risiko yang tidak dapat diperkirakan,” tutup Irwandi dalam status fb-nya.

Hingga pukul 14.30 WIB Rabu (13/6), status Irwandi Yusuf tersebut mendapat 887 like, 509 komentar, dan 285 kali dibagikan.

Sebelumnya, Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh juga mengumumkan hal yang sama, BKSDA akan memberi Rp 10 juta bagi siapapun yang bisa memberi informasi akurat tentang pelaku pembunuhan gajah jinak bernama Bunta itu.

“BKSDA Aceh dan mitra akan memberikan hadiah Rp 10 juta bagi siapa pun yang bisa memberikan info akurat pembunuh Bunta. Buru pembunuh!” tulis Kepala BKSDA Provinsi Aceh, Sapto Aji Prabowo di akun facebooknya yang diunggah pukul 21.00 WIB, Minggu (10/6) malam.

Sebagaimana diketahui, Bunta, gajah jinak di CRU Serbajadi mati dengan kondisi mengenaskan di kawasan CRU di Dusun Jamur Batang, Gampong Bunin, Kecamatan Serbajadi, Aceh Timur, Sabtu (9/6) sekira pukul 08.00 WIB. Di pipi kiri Bunta terdapat luka bekas bacokan dan gading kirinya hilang. Luka menganga yang diduga bekas bacokan itu pun diduga sebagai upaya paksa yang dilakukan pelaku untuk mengambil gading Bunta.

Bunta berusia 27 tahun dan sudah sekitar 12 tahun menjadi gajah jinak sejak ditangkap tahun 2006 di Gampong Alue Rambe, Aceh Utara. Gajah itu sudah ditempatkan di CRU Serbajadi sejak dua tahun lalu. (dan)

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Rp 100 Juta untuk Pemberi Informasi Pembunuh Gajah

Editor: Rine Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help