Jangan Lewatkan, Pengamatan Hilal Awal Syawal 1439 Langsung dari 26 Kota di Indonesia

Pengamatan hilal awal bulan Syawal 1439 H akan disiarkan secara langsung dari 26 kota yang ada di Indonesia.

Jangan Lewatkan, Pengamatan Hilal Awal Syawal 1439 Langsung dari 26 Kota di Indonesia
Pengamatan Hilal 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Untuk menentukan jatuhnya 1 Syawal 1439 H, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai institusi pemerintah yang tugasnya memberikan informasi tanda waktu, bersama Kementerian Agama akan melaksanakan pengamatan hilal di 26 kota di Indonesia, Kamis (14/6/2018).

Dari rilis yang diterima Tribunmanado.co.id, pengamatan hilal awal bulan Syawal 1439 H akan disiarkan secara langsung melalui streaming di alamat http://www.bmkg.go.id/hilal/ .

Salah satu kota yang menjadi tempat pengamatan hilal adalah di Manado akan dilaksanakan di Area Parkir Apartemen Mega Trade Center (MTC), Kawasan Megamas, Kota Manado.

Pengamatan yang dilakukan di Manado ini akan dilaksanakan oleh BMKG-Stasiun Geofisika Manado bersama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara yang dimulai sekitar pukul 16.00 WITA.

Pelaksanaan pengamatan hilal ini bersifat terbuka, bagi masyarakat khususnya Sulawesi Utara yang ingin mengetahui dan mengikuti pengamatan hilal secara langsung bisa menghadiri acara pengamatan ini.

Sesuai dari analisis yang telah dilakukan oleh BMKG pada tangga 14 Juni 2018 posisi Bulan nampak 6o 40’ 42” diatas horizontal saat Matahari terbenam, sehingga jika cuaca cerah diharapkan hilal akan nampak saat pengamatan dilakukan.

Waktu terbenam Matahari adalah pukul 17:47:06 WITA sedangkan bulan akan terbenam pukul 18:19:23 WITA, sehingga ada waktu sekitar 32 menit dan 17 detik yang memungkinkan hilal awal bulan Syawal teramati.

Dengan tingkat keteramatan hilal yang diperkirakan hanya terlihat 0,47 % dari luas piringan Bulan seluruhnya, maka pelaksanaan pengamatan hilal akan dibantu dengan teleskop.(*)

Tags
hilal
BMKG
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help