Torang Kanal - Krisensia: Selain Hati-hati dan Waspada Kecelakaan, Pemerintah Perlu Ambil Bagian

Krisensia Shela Rasuh berharap pemerintah ikut ambil bagian untuk meminimalisasi angka kecelakaan yang belakangan ini sering terjadi

Torang Kanal - Krisensia: Selain Hati-hati dan Waspada Kecelakaan, Pemerintah Perlu Ambil Bagian
TRIBUNMANADO/INDRI PANIGORO
Krisensia Shela Rasuh 

Laporan Wartawan Tribun Manado Indri Fransiska Panigoro

TRIBUNMANADO.CO.ID - KECELAKAAN lalu lintas memang bisa menimpa siapa saja, kapan saja, dan dimana saja.

Entah karena faktor human eror faktor manusia atau pengendara, faktor lingkungannya ataupun faktor kendarannya. Namun dengan berhati-hati dan waspada kita bisa meminimalisasi terjadinya kecelakaan itu.

Begitulah yang dikatakan gadis cantik bernama Krisensia Shela Rasuh.

"Lebih hati-hati lagi dalam berkendara, dan juga sebagai pengguna jalan perlu meningkatkan kewaspadaan saat berada di jalan. Misalnya tidak main handphone saat berada di jalan, atau tidak bercanda berlebihan dengan teman saat tengah berada di jalan raya. Intinya sih harus tetap lihat kiri, kanan, muka belakang jalan," kata kelahiran Makassar 6 April 2001 itu kepada Tribun Manado, Rabu (13/06/2018) siang di Megamall Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Meski belum pernah mengalami insiden kecelakaan, baik ditabrak, ataupun menabrak, wanita berusia 17 tahun ini tetap selalu berhati-hati selama di jalan.

Namun kata warga Lolah 2 ini, selain diperlukan kehati-hatian, dan kewaspadaan dari masyarakat, peran pemerintah juga diperlukan.

"Pemerintah juga perlu ambil bagian menyikapi hal ini. Misalnya ada perhatian dari pemerintah untuk pemasangan marga jalan yang membatasi jalur kendaraan, dan jalur pejalan kaki," ujar Krisensia.

"Jadi pejalan kaki itu kayak di kota-kota besar lainnya. Pejalan kaki tidak berhubungan langsung dengan kendaraan. Ada pembatasnya gitu. Aja lajurnya sendiri. Kalau kayak trotoar itu memang difungsikan buat pengguna jalan, dan di trotoar itu juga diperlukan skat di pinggirnya, sehingga ketika ada kendaraan yang melaju ke arah trotoar, tidak langsung menabrak pejalan kaki, tetapi masih terhalang skat yang ada di trotoar itu," jelas wanita yang sering dipanggil Shela itu.

Dan terkait kelayakan kendaraan dikatakannya, pemerintah terkait perlu tegas menindak hal ini.

"Pemerintah juga harus tegas. Kalau memang sudah tidak layak jalan, yah jangan hanya diberikan surat peringatan, atau diberikan denda tilang atau apalah. Ketegasan pemerintah diperlukan disini. Kalau memang sudah tidak layak, yah dikandangkan saja," tegas pemilik akun Instagram @krisensiashella itu.

Penulis: Indry Panigoro
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help