Ternyata Bagian Sperma Ini Bisa Jelaskan tentang Kemandulan

para ilmuwan menemukan struktur sperma yang benar-benar baru, yang mungkin bertanggung jawab untuk kemandulan, keguguran, hingga cacat saat lahir.

Ternyata Bagian Sperma Ini Bisa Jelaskan tentang Kemandulan
afp
sperma 
TRIBUNMANADO.CO.ID - Infertilitas atau kemandulan sering menjadi masalah penting bagi banyak pasangan yang menikah.
Salah satu masalah yang menyebabkan kemandulan adalah sperma.

Kini, para ilmuwan menemukan struktur sperma yang benar-benar baru, yang mungkin bertanggung jawab untuk kemandulan, keguguran, hingga cacat saat lahir.

Menurut laporan yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications, struktur tersebut adalah sentriol.

Para peneliti dari University of Toledo, AS menemukan ada sebuah setriol tambahan di dalam sperma yang punya sejumlah sifat aneh.

Baca: Ini 6 Rahasia Pelaut Viking, Diantaranya Gunakan Navigasi Matahari di Tengah Malam



Sebagai informasi, sentriol adalah struktur dalam sitoplasma yang membantu pembelahan sel. Sentriol diperlukan untuk menciptakan janin setelah sperma bertemu dengan sel telur.

Sebelumnya, teori yang berkembang menyebutkan bahwa sperma hanya punya satu sentriol dan menggandakan diri setelah memasuki sel telur.

"Karena sel telur ibu tidak memberikan sentriol, dan sperma ayah hanya memiliki satu sentriol yang dapat dikenali, kami ingin tahu di mana sentriol kedua di zigot berasal," ungkap Tomer Avidor-Reiss, profesor di Departemen Biologi University of Toledo dikutip dari Science Alert, Senin (11/06/2018).

Baca: Simak 7 Fakta Aplikasi Tik Tok yang Tengah Viral, Penasaran?



"Itu diabaikan di masa lalu karena sentriol kedua benar-benar berbeda dari sentriol yang diketahui dalam hal struktur dan komposisi protein," sambungnya.

Namun, bukan menduplikasi sentriol di sperma, sentriol kedua memang benar-benar ada. Hanya saja, strukturnya cukup aneh sehingga para ilmuwan tidak memperhatikannya.

Sentriol tambahan ini kemudian disebut para peneliti sebagai sentriol atipikal.

Dirangkum dari Mens Health, Jumat (08/06/2018), sentriol tersebut berisi satu set protein yang belum diketahui kegunaannya dalam pembuahan sel telur.

"Kelainan dalam pembentukan dan fungsi dari sentriol atipikal mungkin merupakan akar penyebab mandul yang belum diketahui, terutama pada pasangan yang tidak memiliki pilihan pengibatan," ujar Avidor-Reiss.

Baca: 7 Resep Opor Ayam di Indonesia, Dijamin Bikin Lidah Bergoyang, Perhatikan Cara Masaknya



"Ini juga mungkin memiliki peran dalam kehilangan kehamilan awal (keguguran) dan cacat perkembangan embrio," sambungnya.

Sayangnya, perkiraan tentang komponen ini sebagai penanggung jawab kemandulan belum benar-benar bisa dikonfirmasi. Untuk itu, tim ini berencana melakukan penelitian tambahan.

"Kami bekerja dengan Departemen Urologi di Universitas Toledo Medical Center untuk mempelajari implikasi klinis dari sentriol atipikal untuk mengetahui apakah itu terkait dengan kemandulan dan kemandulan seperti apa," kata Avidor-Reiss.


 
 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bagian Sperma Ini Bisa Jelaskan tentang Kemandulan", 
 
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help