Pengguna Jalan Keluhkan Ternak Liar di Desa Toluaya

Pengguna jalan di Desa Toluaya mengeluhkan masih adanya ternak yang dibiarkan liar, warga berharap pemerintah mengambil langkah tegas

Pengguna Jalan Keluhkan Ternak Liar di Desa Toluaya
TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
Ternak kambing yang dibiarkan liar di Desa Toluaya 

Liputan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

MOLIBAGU, TRIBUNMANADO.CO.ID - Pengguna jalan di Desa Toluaya, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), mengeluhkan masih adanya ternak yang dibiarkan liar, Rabu (13/6/2018).

Padahal Peraturan Daerah (Perda) tentang larangan ternak liar sudah diterbitkan dan berlaku diseluruh wilayah Bolsel beserta denda-dendannya.

"Beberapa kali hampir celaka karena ada gerombolan kambing menyeberangi jalan," ujar Stif pengendara yang sering melintasi jalur dua arah di Toluaya.

Dia berharap agar pemerintah mengambil langkah tegas dengan memaksimalkan Perda yang sudah diberlakukan, sehingga kejadian seperti ini dapat diminimalisir.

"Takutnya saat dalam kecepatan tinggi kemudian ternak tiba-tiba menyebrang jalan," ujarnya.

Senada dikatakan oleh Latif, pengguna jalan bahwa hal yang sama masih ditemukan di Desa Tolondadu dimana paling banyak ternak kambing dibiarkan liar.

"Ada yang dilepas dan lehernya masih terikat tali biasannya suka masuk ke badan jalan memakan rerumputan di pembatas jalan," ujarnya.

Menanggapi persoalan tersebut Sekretaris Camat (Sekcam) Bolaang Uki, Prabowo Asmongin, mengimbau kepada pemilik ternak untuk mengkandangkan ternakannya.

Sebab pihaknya tidak segan untuk memberikan sanksi bagi para pelanggar yang masih kebal membiarkan peliharaannya membahayakan pengguna jalan.

"Tolong dikandangkan atau diikat jauh dari pemukiman dan jalan. Kalau masih kedapatan seperti ini kami tidak segan memberikan denda sesuai aturan yang berlaku," tandasnya. 

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help