KPU Sulut Siapkan 617.824 Surat Suara untuk Pilkada di Enam Kabupaten dan Kota

Pilkada enam kabupaten dan kota di Sulawesi Utara digelar serentak bersama 165 daerah lain pada 27 Juni 2018.

KPU Sulut Siapkan 617.824 Surat Suara untuk Pilkada di Enam Kabupaten dan Kota
tribun manado/brian tarore
Infografis surat suara 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pilkada enam kabupaten dan kota di Sulawesi Utara digelar serentak bersama 165 daerah lain pada 27 Juni 2018. Total ada 591.043 warga di Kabupaten Minahasa, Talaud, Sitaro, Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondou Utara dan Kota Kotamobagu yang punya hak memilih.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyiapkan 617.824 surat suara termasuk logistik pilkada lainnya seperti bilik suara, tinta, hologram dan segel (lihat grafis).

Di Bolmut misalnya surat suara yang disiapkan sesuai daftar pemilih tetap (DPT) yakni 54.035 pemilih. "Itu ditambah cadangan. Juga ditambah surat suara untuk pemungutan suara ulang (PSU)," katanya.

KPU Bolmut sudah siap melaksanakan pemungutan suara. Logistik utama sudah siap. "Surat suara dan tinta sudah siap. Tinggal didistribukan," ujarnya kepada tribunmanado.co.id, Selasa (12/6/2018).

Ia mengatakan sekarang tinggal sarana pelengkap di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Itu sementara dibuat. "Misalnya formulir-formulir. Formulir itu tinggal dikopi," katanya.

Ia mengatakan kotak suara juga sudah siap. Itu juga tinggal didistribusi. KPU sementara mengikuti rapat koordinasi (rakor) di Manado. Penyelenggaranya KPU Provinsi Sulut.

KPU Kabupaten Mitra sudah memusnakan ribuan surat suara rusak. Irfan Rabuka, Bagian Divisi Umum, Keuangan dan Logistik KPU Mitra mengatakan, pemusnahan dengan cara dibakar. "Ada 1.742 lembar surat suara dibakar di perusahan yang membuat itu di Kudus. Usai dibakar kami menerima pergantiannya dengan jumlah yang sama," kata Irfan.

Proses pemusnahan itu berlangsung pekan lalu didampingi Panwaslu Mitra dan Polri di PT Pura Baru Tama Kudus. Untuk jumlah surat suara yang telah diterima KPU Mitra sebanyak 80.274 sesuai dengan DPT, termasuk kartas suara untuk PSU sebanuak 2 ribu.

Untuk logistik lain berupa kotak suara, KPU Mitra punya stok 333 kotak. Akan dipakai 240 kotak suara di 204 TPS. Untuk bilik suara, KPU punya lebih dari 408 unit. Tiap TPS dua sampai empat bilik suara. "Logistik kotak dan bilik suara merupakan logistik yang dipakai pada pelaksanaan Pilgub 2015," katanya.

Logistik lainnya berupa tinta, suket dan hologram masih dalam proses pengiriman. Begitu juga dengan segel dan tample.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved