Polisi dan Panwaslu Mitra Saksi Pembakaran Surat Suara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), telah memusnahkan ribuan surat suara Pilkada Mitra 2018.

Polisi dan Panwaslu Mitra Saksi Pembakaran Surat Suara
TRIBUN MANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Petugas di KPU Mitra, saat sedang persiapankan kotak suara untuk dibersihkan. Karena akan dipakai pada Pilkada Mitra 27 Juni 2017, logistik ini juga sempat dipakai pada Pilgub 2015. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), telah memusnahkan ribuan surat suara Pilkada Mitra 2018.

Irfan Rabuka, Komisioner KPU Mitra, divisi umum, keuangan dan logistik dalam keterangannya mengatakan pemusnahan dilakukan dengan cara di bakar.

"Ada 1.742 lembar surat suara dibakar di perusahaan yang membuat itu di Kudus. Usai dibakar kami menerima pergantiannya dengan jumlah yang sama," kata Irfan.

Proses pemusnahan itu berlangsung pekan lalu didampingi Panwaslu Mitra dan kepolisian di PT Pura Baru Tama Kudus.‎

Untuk jumlah surat suara yang telah diterima KPU Mitra sebanyak 80.274 sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT), termasuk kartas suara untuk pemilihan suara ulang (PSU) sebanyak 2.000.

"Ada cadangan 2.5 persen per tempat pemungutan suara (TPS) untuk pemilih tambahan yang tidak masuk dalam DPT," urainya.

Sementara untuk logistik lainnya berupa, kotak suara KPU Mitra punya stok sebanyak 333 akan dipakai sebanyak 240 kotak suara di 204 TPS.

Sedangkan untuk bilik suara pihaknya punya stok lebih dari 408 unit, akan dipakai di TPS dua sampai empat bilik suara.

"Logistik kotak dan bilik suara merupakan logistik yang dipakai pada pelaksanaan pilgub 2015," tambahnya.

Logistik lainnya berupa tinta, suket dan hologram masih dalam perjalanan, begitu juga dengan segel dan tample sementara proses pengiriman.

"Tanggal (22/6) akan dilakukan pengepakan logistik sampai siap didistribusi. Tanggal 24 sampai 25 Juni masa tenang, di saat bersamaan dilakukan distribusi logistik ke TPS, " tambah ketua KPU Mitra Aske Benu.(Tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved