Tajuk Tamu

Pendidikan Sebagai Dasar Utama Pembentuk Perilaku Bangsa

Pendidikan adalah sebuah dasar utama yang di terapkan di sekolah maupun di rumah.

Pendidikan Sebagai Dasar Utama Pembentuk Perilaku Bangsa
Melisa Klaudia Kising 

Tajuk Tamu Oleh Mahasiswi STFSP, Melisa Klaudia Kising 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pendidikan adalah sebuah dasar utama yang di terapkan di sekolah maupun di rumah. Indonesia sendiri sebagai negara yang sedang berkembang memiliki modal yang besar untuk menjadikan negara yang maju, tentunya dengan pendidikan yang ditanamkan di dalam jiwa masing-masing pribadi.

Pendidikan yang ditanamkan sejak dini di dalam diri anak tentunya merupakan pendidikan dasar yang menunjuk pada nilai kejujuran, tanggung jawab terhadap apa yang di kerjakan, ikhlas dan juga toleransi dalam beragama, hal tersebut sangat diperlukan dalam mendidik karakter anak bangsa dan pendidikan semacam ini dapat terlaksana jika lapisan masyarakat mendukungnya sehingga sangat dibutuhkan lingkungan yang sehat yang berarti lingkungan di mana tempat tinggalnya menerapkan aspek-aspek kehidupan tersebut dan dapat menjadi contoh yang baik untuk anak, baik itu di lingkungan keluarga (rumah) maupun di lingkungan Sekolah.

Dalam mempersiapkan dan mendidik anak-anak generasi bangsa, maka pemerintah harus memiliki perhatian khusus untuk anak-anak sebagai penerus bangsa dengan mempersiapkan lembaga pendidikan yang berkualitas yang dapat menunjang pendidikan yang di lakukan di Indonesia sehingga dapat meningkatkan potensi-potensi yang ada di dalalm diri anak.

Tentu potensi yang dimiliki oleh setiap anak berbeda-beda, sehingga peran penting dari lembaga yang dipersiapkan oleh pemerintah mengambil bagian dalam mengasah setiap potensi yang ada dalam diri mereka, selain lembaga pemerintahan yang berkualitas dibutuhkan juga pendidikan akhlak/budi pekerti untuk setiap anak.

Hal ini bertujuan untuk mengasah pola pikir yang ada pada anak, serta kepribadian yang memiliki akhlak yang luhur.

Sehingga hasil dari Pendidikan karakter dapat mewujudkan individu berkualitas untuk masa depan bangsa yang lebih baik.

Selain kedua aspek tersebut hal yang tidak kalah penting adalah lingkungan sekitar tempat tinggal anak.

Lingkungan tempat tinggal sangat mempengaruhi kepribadiaan dari seseorang terutama dalam membentuk karakternya Tempat tinggal yang baik akan menghasilkan pribadi yang berakhlak baik, dan karakter anak terbentuk ke arah yang positif.

Tapi sebaliknya jika lingkungan sekitar adalah lingkungan yang negative maka tidak heran jika perkembangan anak mengikuti lingkungan tempat tinggalnya. Oleh karena itu keluarga sebagai pendidik pertama dan utama dalam pembentukan karakter memiliki peranan penting dalam membina karakter dari anak-anaknya.

Halaman
12
Editor: Aldi_Ponge
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help