Pemkab Bolmong Mulai Menilai Lomba Monuntul di Tiap Desa

Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mulai melakukan penilaian lomba Monuntul atau lomba hias antar desa

Pemkab Bolmong Mulai Menilai Lomba Monuntul di Tiap Desa
TRIBUNMANADO/MAICKEL KARUNDENG
Lampu hias atau monuntul di Bolmong 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mulai melakukan penilaian lomba Monuntul atau lomba hias antar desa di seluruh desa di Bolmong.

Ketua Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) Bolmong Farida Mooduto berkata kepada Tribun Manado Selasa (12/6), tim juri sudah mulai lakukan penilaian di semua desa.

"Tadi malam kami lakukan penilaian di Kecamatan Poigar sampai Lolak. Sementara tim lainnya berada di Dumoga raya, dan Passi. Sebagian besar tim adalah para pejabat Bolmong dan aparatur sipil negara," katanya.

Untuk kategori penilaian antara lain tentang kreativitas desa memasang lampu atau lampion, penataan lampu atau lampion, dan tentu jumlah lampu atau lampion yang menghiasi desa.

Ia menambahkan, penilaian akan dilakukan selama 3 hari sejak 11 sampai dengan 13 Juni 2018.

Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial (Kesos) Pemkab Bolmong, Rukman Korompot menyampaikan, bagi desa yang berhasil mendapatkan juara atau memiliki Tuntul terbaik berdasarkan penilaian panitia, akan mendapatkan hadiah dari Pemkab berupa uang pembinaan.

“Ada hadiah bagi pemenang, dimana tim dari Pemkab yang akan melakukan penilaian langsung, dimulai H-3 sebelum lebaran,” pungkasnya.

Diketahui, Monuntul/Tuntul atau pemasangan lampu di setiap rumah atau di lapangan terbuka, sudah menjadi tradisi masyarakat muslim Bolaang Mongondow, pada 3 hari terakhir menjelang pelaksanaan Hari Raya Idulfitri. 

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help