Wali Kota Kotamobagu Buka Monuntul

Bunyi beduk yang dipukul Wali Kota Kotamobagu, Rudi Mokoginta, sebagai tanda dibukanya lomba Monuntul, Senin (11/6/2018).

Wali Kota Kotamobagu Buka Monuntul
TRIBUN MANADO/VENDI LERA
Wali Kota Kotamobagu Rudi Mokoginta buka lomba Monuntul, Senin (11/6/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Bunyi beduk yang dipukul Wali Kota Kotamobagu Rudi Mokoginta, sebagai tanda dibukanya lomba Monuntul, Senin (11/6/2018).

Usai Azan Magrib berkumandang, pembukaan lomba pasang lampu (Monuntul) di Lapangan Aruman Jaya, Kelurahan Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Kotamobagu, Sulawesi Utara, dimulai.

Tradisi malam pasang lampu atau dalam bahasa adat Mongondow, Monuntul, sudah menjadi turun temurun di masyarakat semenjak para ulama mengajarkan Islam di wilayah Bolmong.

Jumlah lampu yang dipasang bervariasi sesuai jumlah anggota keluarga yang berada di rumah tersebut mulai dari orang tua sampai anak.

"Waktu ini ditunggu-tunggu umat muslim. Sebab, dalam sepuluh hari itu akan ada malam Lailatul Qadar. Yakni malam yang sangat istimewa dan lebih mulia dari malam seribu bulan," ujar Pjs Wali Kota Rudi Mokoginta.

Kata dia, seperti tahun sebelumnya, peringataan malam Lailatul Qadar atau malam turunnya Alquran semarak dilakukan pemerintah dan warga di Kota Kotamobagu.

Di mana pelaksanaan malam pasang lampu dilakukan usai salat magrib sepuluh malam terakhir Ramadan.

"Lomba Monuntul bukan mencari juara, namun memerihakan pelaksanaan bulan Ramadan,"ujar dia lagi.

Selain meraih malam Lailatul Qadar, cukup banyak hal yang diperoleh saat beriI’tikaf.

Seperti akan terjaga dari perbuatan maksiat.

“Serta membantu menguatkan seseorang untuk menjalankan salat dengan khusyuk,” kata Rudi lagi.

Mereka yang melakukan I’tikaf dalam Sepuluh hari terakhir Ramadhan akan dapat membantu untuk menjalankan Salat atau amalan sunnah.

Orang yang I’tikaf akan selalu beruntung karena selalu mendapatkan shaf pertama salat berjamaah. (Tribunmanado.co.id/Vendi Lera)

Penulis: Vendi Lera
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help