Ini Penyebab 42 Desa di Bolmong Belum Menerima Dana Desa Tahap Satu

Kendala masih banyaknya desa yang terlambat mencairkan dandes kata dia, diakibatkan mulai pengaktifannya proses sistem keuangan desa (Siskeudes

Ini Penyebab 42 Desa di Bolmong Belum Menerima Dana Desa Tahap Satu
TRIBUN MANADO/MAICKEL KARUNDENG
Ahmad Yani Damopolii 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Proses pencairan dana desa tahap I sebesar 20 persen di Kabupaten Bolaang Mongondow terus dipacu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bolmong Ahmad Yani Damopolii menyebut, pencairan dandes untuk 200 desa terus dilakukan.

"Proses pencairan saat ini terus dipacu, seluruh desa sementara mengurus pencairan tahap I. Ada juga Desa yang sudah dalam permintaan pencairan tahap dua," kata Damopolii, Senin (12/6).

Sementara itu, Kepala Bidang Pemdes Dian Novita Thalib mengatakan, proses pencairan dandes untuk tahap satu sudah sebanyak 158 desa.

"Tahap satu tinggal 42 desa yang akan diupayakan pencairan sebelum hari raya. Demikian juga dengan pencairan tahap dua sudah ada 12 desa yang mengajukan sebesar 40 persen," ujarnya.

Dijelaskannya, terkait dengan kendala masih banyaknya desa yang terlambat mencairkan dandes kata dia, diakibatkan mulai pengaktifannya proses sistem keuangan desa (Siskeudes).

"Masih banyak desa yang kurang paham penggunaan Siskeudes, ini yang membuat proses pelaporan menjadi lama sehingga terganggu dalam proses penyelesaiaan administrasi," ungkap Thalib.

Kepala Badan Keuangan (BKD) Bolmong Fico Mokodompit mengatakan, pihaknya hingga kini terus melayani berbagai pengajuan berkas pencairan. Bahkan ia menjelaskan BKD tetap melayani pencairan dandes.

"Sedangkan untuk proses pencairan dandes tahap dua juga sudah bisa direalisasikan, asalkan seluruh persyaratan mulai dari SPJ dan lainnya sudah lengkap maka langsung dilayani," tuturnya.

Sangadi Pomoman E Walangitan mengatakan ada keterlambatan mengurus berkas dandes karena proses penggunaan Siskeudes yang baru pertama kali.  "Tapi semua berkas tahap satu sudah selesai dimasukkan," ujarnya.

Total anggaran keseluruhan Dandes Kabupaten Bolmong sebesar Rp 141.107.482.000 miliar. (kel)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help