Ekspor Komoditi Perikanan Sulut Capai $US 42,8 Juta

Nilai ekspor komoditi perikanan asal Sulawesi Utara ada peningkatan sebesar 15,78 persen dibandingkan pada tahun sebelumnay di periode yang sama

Ekspor Komoditi Perikanan Sulut Capai $US 42,8 Juta
TRIBUNMANADO/ANDREAS RUAUW
Ilustrasi ikan 

Laporan Wartawan Tribun Mando Nielton Durado 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Nilai ekspor komoditi perikanan asal Sulawesi Utara (Sulut) mencapai angka $US 42,8 Juta.

Menurut data dari Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Manado, nilai ini dapatkan dari periode Januari hingga April 2018.

Bahkan dari data tersebut diketahui ada peningkatan sebesar 15,78 persen dibandingkan periode yang sama ditahun 2017.

Data Keterangan
Data Keterangan (Ist)

Sedangkan untuk volume ekspor komoditi perikanan konsumsi asal Sulut, mencapai 6.988 ton atau meningkat 5,96 persen dari tahun 2017.

Kepala BKIPM Manado M. Hatta Arisandi ketika dihubungi Tribun Manado, Senin (11/6/2018) berharap peningkatan ekspor perikanan ini berdampak pada peningkatan kesejahteraan nelayan di Sulut, karena mereka adalah penyuplai bahan baku bagi Unit-unit Pengolahan ikan (UPI).

"Setidaknya mereka juga bisa merasakan hasil dari peningkatan ekspor ini, karena nilai peningkatan eskpor harus sebanding dengan kesejahteraan nelayan," ujarnya.

Hatta menambahkan bahwa BKIPM Manado berkomitmen penuh untuk senantiasa meningkatkan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa agar lalulintas komoditi perikanan dapat berjalan lancar.

"Salah satu terobosannya adalah dengan melaksanakan pelayanan sertifikasi kesehatan ikan hingga malam hari, hal ini dilakukan sebagai respon dari masukan-masukan pengguna jasa dalam upaya peningkatan ekspor komoditi perikanan di Sulut," tandasnya.

Penulis: Nielton Durado
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved