Ini Penyampaian Kabag Kesra Bolsel Tentang Zakat Fitrah

Ekafrie Van Gobel, menuturkan, telah menerima surat edaran penetapan nominal zakat fitrah 1439 hijriah dari Kementrian Agama (Kemenag)

Ini Penyampaian Kabag Kesra Bolsel Tentang Zakat Fitrah
TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
Masyarakat Posigadan saat mengantre untuk mendapatkan zakat belum lama ini 

Liputan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

MOLIBAGU, TRIBUNMANADO.CO.ID - Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Ekafrie Van Gobel, menuturkan, telah menerima surat edaran penetapan nominal zakat fitrah 1439 hijriah dari Kementrian Agama (Kemenag) dengan Nomor B793/Ke.23.14.3/HK.00.5/05/ 2018.

"Sudah kami teruskan ke desa-desa untuk diketahui dan disampaikan oleh para imam," ujarnya, Minggu (10/6) disela aktifitas kerjannya.

Dalam surat tersebut menyatakan, zakat fitrah dibayarkan berupa makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari yaitu beras sebanyak 2,5 kg per orang.

Kemudian, bagi yang yang membayar zakat fitrah dalam bentuk uang ditetapkan berupa beras kelas satu (superwin) sebesar Rp 13 ribu per kilo atau Rp 32.500 per jiwa.

"Sementara beras kelas dua yaitu serayu Rp 11 ribu per kilo atau Rp 27.500 per jiwa," ujarnya.

Kata dia, waktu pembayaran zakat sudah dimulai sejak awal bulan Ramadan sampai akhir bulan suci sebelum khotib turun mimbar pada shalat Idulfitri.

Untuk pembayaran zakat, masyarakat bisa melakukannya melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di masing-masing desa.

"Setiap desa sudah ada petugasnya,"ujarnya.

Setelah menyalurkan kepada masyarakat miskin, dan kaum dhuafa, UPZ diimbau segera melaporkannya kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten melalui Kantor Urusan Agama (KUA).

Selain itu ada juga zakat mal, bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) sebesar Rp 30 ribu per jiwa, dan non-ASN sebesar Rp 5000 per jiwa.

"Untuk sistem pembayarannya sama, melalui UPZ di masing-masing desa," tandasnya. 

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help