Bupati Bolmong Keluarkan Surat Edaran Cuti Bersama

Pemkab dan Bupati Bolmong mengeluarkan surat edaran yang mengacu pada keputusan bersama tiga Kementerian yang di tandatangai Presiden Jokowi

Bupati Bolmong Keluarkan Surat Edaran Cuti Bersama
Ist
Kepala TUP, Humas dan Protokol Setda Parman Ginano 

Laporan Wartawan Tribun Manado Maickel Karundeng

LOLAK, TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) keluarkan surat edaran yang mengacu pada keputusan bersama tiga Kementerian yang di tandatangai Presiden Jokowi, melalui Keppres tentang Cuti Bersama Pegawai Negeri Sipl (PNS) Tahun 2018 Nomor 13 Tahun 2018 yang ditandatangani pada 4 Juni 2018.

Kepala TUP, Humas dan Protokol Setda Parman Ginano mengatakan, Sabtu (9/6), berdasarkan Surat Edaran Bupati Bolaang Mongondow Nomor: 700/Setdakab/06/53/V/2018 Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018 yang mengacu pada Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No. 223/2018, 46/2018 Tanggal 18 April 2018 Perihal Perubahan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018.

Cuti bersama lebaran tahun 2018 di tambah 2 (dua) hari sebelumnya dan 1 hari sesudah lebaran Idul Fitri sebagaimana dalam lampiran surat edaran.

Pelaksanaan cuti bersama diperhitungkan dengan mengurangi hak tahunan pegawai sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku yaitu selama 12 hari kerja pertahun. "Selanjutnya pada tahun ditetapkan cuti bersama sebanyak 5 hari sehingga hak cuti tahunan pegawai tersisa 7 hari,” ungkap Parman Ginano.

Menurut Parman, ketentuan cuti bersama tidak berlaku bagi PNS yang menjadi guru sekolah dan dosen perguruan tinggi yang telah mendapat liburan menurut peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Sebagaimana di atur dalam pasal 8 Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1976 tentang cuti bersama PNS, ketentuan waktu kerja efektif bagi instansi/unit kerja lingkup Pemerintah Kabupaten Bolmong dalam seminggu yaitu 37,50 jam sesuai Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 03 tahun 1998 tentang pedoman pelaksanaan hari kerja di lingkup lembaga pemerintah," ungkap Parman.

Terkait dengan pelaksanaan hari libur nasional dan cuti bersama, diharapkan kepada seluruh instansi Pemerintah Daerah untuk dapat lebih meningkatkan kedisiplinan pegawai pada hari sebelum dan sesudah hari libur nasional dan cuti bersama.

"Bagi unit atau satuan kerja organisasi yang berfungsi memberikan layanan langsung kepada masyarakat dan mencakup kepentingan masyarakat umum antara lain Rumah Sakit, Puskesmas, Pelayananan Telekomunikasi, Listrik, Air Minum, Pemadam Kebakaran, Keamanan dan Ketertiban, Perbankan, Perhubungan dan pelayanan lainnya yang sejenis, maka pimpinan unit kerja satuan yang bersangkutan agar mengatur penugasan pegawai pada hari libur nasional dan cuti bersama yang telah ditetapkan, sehingga pemberian pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan sebagaimana mestinya,” tegas Parman.

Ia menambahkan, penambahan cuti bersama tidak berlaku bagi SKPD yang melayani kepentingan publik dan perubahan cuti bersama tidak mengurangi hak cuti pegawai.

“Kepala SKPD lingkup Pemkab Bolmong agar melakukan pemantauan, pengawasan, terhadap pelaksanaan jam kerja dan melaporkan absensi pegawai di lingkungan instansi masing-masing kepada Bupati Bolmong melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) melalui tembusan kepada bagian organisasi sekretariat daerah," jelas Parman.

Seperti yang tertuang pada lampiran I surat edaran bupati bahwa cuti bersama tahun 2018 ditetapkan pada tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19 dan 20 (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Senin, Selasa dan Rabu) Juni tahun 2018 sebagai Hari Libur Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Surat Edaran ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi tiap instansi dalam melaksanakan cuti bersama tahun 2018.

"Kamis tanggal 21 Juni seluruh Aparatur Wajib Apel kerja bersama tanpa terkecuali. Bagi ASN yang tidak mengikuti apel kerja bersama dan menambah libur akan dikenakan sanksi penindakan disiplin," tutup Parman.

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved