Belanja Baju Lebaran Rp 762,9 Miliar: Perang Diskon hingga 80 Persen

Ramadan memberikan stimulus ekonomi di Sulawesi Utara. Untuk memenuhi kebutuhan fashion saja diperkirakan.

Belanja Baju Lebaran Rp 762,9 Miliar: Perang Diskon hingga 80 Persen
tribun manado
Matahari Departemen Store di Manado memberikan diskon fesion jelang Idulfitri. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Ramadan memberikan stimulus ekonomi di Sulawesi Utara. Untuk memenuhi kebutuhan fashion saja, diperkirakan umat Muslim di daerah ini membelanjakan Rp 762,9 miliar.

Sebaliknya produsen dan toko busana muslim merebut duit Lebaran. Perang diskon tak terelakan. Ada toko atau tenan yang pasang diskon hingga 80 persen. Enam hari jelang Lebaran Idulfitri 1439 Hijriah, sejumlah pusat perbelanjaan diserbu.

Masyarakat memburu diskon besar. Putaran uang khusus busana muslim lebih dari dua pertiga triliun rupiah. Kalkulasinya tiap keluarga menghabiskan Rp 4 juta untuk membeli baju baru. Penduduk di Sulut ada 2.461.000 jiwa (data Badan Pusat Statistik 2017). Sebesar 31 persen atau 762.910 umat Muslin. Bila satu keluarga diasumsikan empat orang, dua anak dan orangtua, maka ada 190.727 kepala keluarga.

Mayshara Kiaydemak, warga Tuminting, Kota Manado. Ia mengaku belanja pakaian lebaran dilakukannya bersama keluarga. Ia bersama kakak dan saudara tiga orang lainnya. "Pakaian lebaran yang saya beli setiap tahunnya itu dress sama sandal. Begitu pun dengan kakak saya. Kurang lebih Rp 4 juta badget yang kami keluarkan hanya untuk belanja pakaian lebaran," katanya kepada tribunmanado.co.id, Jumat (8/6/2018).

Lain halnya dengan Astuti asal Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe. Ia datang ke Manado bersama suami dan anak untuk belanja pakaianlebaran. "Yang kami belanja itu pakaian untuk anak, dress dan sandal," kata Astuti.

Ningrum, warga Poigar mengaku datang di Manado bersama mama dan saudara. "Kami belanja pakaian dress dan kavtan untuk dipakai Lebaran nanti. Lumayan banyak diskon biar bisa beli banyak," ujar dia.

Pusat perbelanjaan di Manado banjir diskon. Amatan tribunmanado.co.id, Jumat (8/6/2018), selain melakukan penjualan di toko, atrium hingga halaman parkir, ada penawaran produk lewat bazar dengan berbagai macam diskon dan promo menarik lainnya.

Seperti Matahari Departemen Store di MegaMall. Selain di store area parkir dan atrium lantai 1 ada bazar Matahari. Dengan penawaran penjualan produk hingga 70 persen. Bukan hanya di MegaMall, di Manado Town Square (Mantos) Matahari buka bazar lebaran.

Stanley Supervisior Visual dan Promo Matahari Departemen Store Mantos mengatakan, saat ini pakaian yang banyak diminati masyarakat itu bervariatif sesuai dengan kategori usia.

"Untuk anak-anak selama tiga minggu bulan Ramadan penjualan baju muslim. Selain itu baju kasual seperti kaus dan jeans dari beberapa brand yang ada di Matahari. Orang dewasa jeans, kaus, dress formal dan batik banyak dibeli untuk Lebaran. “Lebaran kali ini, pasminah atau sejenis kain lenah yang digunakan sebagai hijab banyal dibeli costumer," katanya.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved