Bank Menanti Aturan QR Payment BI

Tak lama lagi, Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan aturan terkait standardisasi pembayaran menggunakan quick response

Bank Menanti Aturan QR Payment BI
tribunnews
Logo OJK 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Tak lama lagi, Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan aturan terkait standardisasi pembayaran menggunakan quick response code (QR code). Aturan pembayaran menggunakan barcode ini akan diimplementasikan dengan standar internasional.

Kepala Departemen Sistem Pembayaran BI Onny Widjanarko mengatakan, nantinya sebanyak 12 pemain QR code yang sudah mendapatkan izin dari BI dapat terkoneksi satu sama lain.

Perbankan sebagai penyedia transaksi keuangan mendukung rencana bank sentral tersebut. Sebab, bank-bank juga tengah menyiapkan layanan QR. Salah satunya, PT Bank Mandiri Tbk yang masih menantikan standardisasi QR payment yang akan diluncurkan BI.

Baca: Bank Indonesia Sosialisasi Keaslian Rupiah di Festival Kuliner Ramadan Megamas

Bank berkode saham BMRI ini berencana meluncurkan produk baru berteknologi QR sebagai pembayaran. "Kami akan meluncurkan produk ini sekitar kuartal IV tahun ini," kata SVP Transaction and Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi, kemarin.

Tahap awal, uji coba teknologi QR code dilakukan oleh kalangan pegawai Bank Mandiri. Selanjutnya, Bank Mandiri masih menunggu persetujuan izin dari regulator untuk meluncurkan teknologi tersebut kepada publik. Ke depan, Bank Mandiri bercita-cita untuk memberikan solusi pembayaran QR untuk merchant ritel modern maupun ritel individu.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Menkeu Sri Mulyani
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Menkeu Sri Mulyani (antara)

Tak mau ketinggalan, PT Bank Bukopin Tbk juga bakal meluncurkan pembayaran berbasis QR. Adhi Brahmantya, Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi Bank Bukopin menyebut, sebagai langkah awal, Bukopin telah mengimplementasikan tabungan digital dengan teknologi QR bertajuk Wokee.

Dalam pengembangan QR payment di Wokee ini, Bank Bukopin sudah bekerjasama dengan fintech.
Saat ini, Bukopin tengah mengajukan izin pembayaran menggunakan QR kepada BI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Meskipun produk anyar, sejak diluncurkan pada akhir Desember 2017 lalu, tabungan Wokee sudah diunduh sebanyak 9.000 kali dengan total 40.000 transaksi.

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) sudah menggandeng penyedia jasa pembayaran lain yakni PT Dompet Anak Bangsa atau Go-Pay untuk pembayaran menggunakan QR. Nantinya, layanan pembayaran QR milik BNI bernama Yap dapat terkoneksi dengan Go-Pay.

Dadang Setiabudi, Direktur Teknologi Informasi dan Operasional BNI menuturkan, kedua belah pihak masih melakukan proses pengembangan terkait rencana tersebut. (tim kontan)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help