Apa yang Akan Dikatakan Orang-orang Yahudi tentang Yesus?

Pada pertengahan abad ke-20, teolog Yahudi Amerika yang besar, Abraham Joshua Heschel, dengan

Apa yang Akan Dikatakan Orang-orang Yahudi tentang Yesus?
AFP via BBC Indonesia
Kegiatan doa di Tembok Ratapan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pada pertengahan abad ke-20, teolog Yahudi Amerika yang besar, Abraham Joshua Heschel, dengan kredibel menulis, “Yudaisme saat ini adalah agama yang paling tidak dikenal.”

Tetapi beberapa dekade belakangan ini telah melihat orang Kristen melakukan upaya yang mengesankan untuk mengisi kesenjangan pengetahuan. 

Selama bertahun-tahun, saya memiliki hak istimewa untuk mengajar kelompok-kelompok Kristen yang datang ke Yerusalem dari seluruh dunia. 

Banyak dari mereka adalah imam, pendeta dan biarawati yang cuti panjang; beberapa orang awam. Mereka datang dari mana saja dari seminggu hingga satu tahun dan keterlibatan saya bervariasi, tergantung pada panjang dan kedalaman program. Program-program diadakan di lembaga-lembaga Kristen di dan sekitar Yerusalem.

Saya mengajar mereka tentang Yudaisme dan tentang Israel. Saya memberikan perkenalan kepada orang-orang Kristen yang mengunjungi sinagoga kami pada Jumat malam untuk berdoa, dan kami terkadang juga memberi mereka keramahan rumah untuk makan malam Shabbat. Sangat menarik untuk mencatat pertanyaan apa yang mereka tanyakan. 

Dalam satu kasus, seorang wanita muda terkejut bahwa tempat kudus kami tidak dihiasi dengan gambar-gambar Musa. 

Suatu kali, saya memberi tahu sekelompok seminaris bahwa mereka memaksakan pertanyaan-pertanyaan Kristen tentang Yudaisme; apa yang menarik mereka hampir secara eksklusif adalah konsep tentang Mesias, akhirat, kebangkitan orang mati dan seterusnya, hal-hal yang kebanyakan orang Yahudi jarang bahas. 

Kami orang Yahudi sebenarnya mencurahkan banyak sekali waktu untuk berdiskusi tentang makanan.

Pertanyaan-pertanyaan yang saya temui tampaknya tidak banyak berbeda antara Protestan dan Katolik; tetapi mereka sangat berbeda antara orang Kristen Barat, yang pada umumnya mengenal beberapa orang Yahudi, sebagai teman, tetangga atau kolega, dan orang-orang Kristen Asia atau Afrika yang menjadi orang Yahudi pertama yang pernah mereka temui. Saya telah ditanya "Apakah orang Yahudi masih mempersembahkan binatang kurban?" Saya ragu bahwa setiap orang Kristen Amerika Utara atau Inggris akan menanyakan hal itu; Orang Afrika kadang-kadang melakukannya. 

Ketika satu-satunya orang Yahudi yang Anda kenal adalah orang-orang dalam Perjanjian Lama, itu adalah pertanyaan yang sah. 

Halaman
123
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help