Tajuk Tamu - Pendidikan Sebagai Pembinaan Karakter dan Aksiologi 

Pendidikan disatu sisi dipandang sebelah mata oleh beberapa pihak namun disisi lain sangat penting bagi kebutuhan masyarakat

Tajuk Tamu - Pendidikan Sebagai Pembinaan Karakter dan Aksiologi 
Ist
Fr. Michael Hart Terok 

Oleh: Fr. Michael Hart Terok (Mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng)

Dalam realitas yang signifikan, pendidikan disatu sisi dipandang sebelah mata oleh beberapa pihak atau mungkin saja orangtua. Namun disisi lain, pendidikan itu penting bahkan dipandang sebagai suatu kebutuhan.

Dipandang sebelah mata, mungkin saja terjadi karena latar belakang pemahaman orangtua mengenai pengalaman masa suramnya pendidikan yang mereka peroleh pada usia itu.

Sedangkan kemungkinan lain menyatakan bahwa dengan pendidikan, bukan hanya masa depan anak yang mulai dikonstruksi, melainkan juga karakter dan nilai hidupnya.

Memang, beberapa kalangan masih menganggap pendidikan sebagai suatu kewajiban. Tapi sesungguhnya pendidikan itu sendiri adalah sebuah kebutuhan dasar dari seseorang.

Sekalipun dalam PP RI No.47 Tahun 2008 mengangkat soal WAJIB BELAJAR, namun yang dimaksud dengan pendidikan sebagai suatu kewajiban diatas bukan untuk mengesampingkan hal itu.

Kewajiban yang dimaksud diatas lebih menyangkut kehendak seseorang yang dipaksakan oleh orang lain supaya pendidikan itu terselenggara atas desakannya.

Jika pendidikan dipandang sebagai suatu kewajiban, maka seorang terdorong untuk sekolah bukan karena keinginannya, melainkan karena desakan pihak luar yang memaksa keinginannya untuk sekolah.

Sehingga, orientasinya cenderung kearah perolehan hasil akhir. Jika hasil tidak memenuhi kehendak hati dari orang yang mendesaknya itu, maka konsekuensi yang diterima yaitu berupa punishment (hukuman) bagi yang didesak itu. Sewaktu saya SD, ada teman yang pada setiap akhir semesternya menampilkan sikap yang berbeda dari yang biasanya.

Adakala ia tampil percaya- diri, tapi adakala ia tampil dengan wajah suram sambil berjalan agak pincang.

Halaman
123
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help