Masih Ada Masalah di Daerah Penerima Opini WTP

Tangga M Purba, Kepala BPK RI perwakilan Sulut)‎mengatakan, jangan dulu berpuas diri bagi kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Masih Ada Masalah di Daerah Penerima Opini WTP
TRIBUN MANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
LKPD tahun anggaran 2017‎ 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Tangga M Purba, kepala Badan pemeriksa keuangan (BPK) RI perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) ‎mengatakan, jangan dulu berpuas diri bagi kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dan 13 kabupaten/kota lainnya yang meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

Atas‎ laporan hasil pemeriksaan atas, laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun anggaran 2017‎.

"Masih terdapat masalah yang perlu diperhatikan, baik umum dan masalah lainnya," kata Purba saat membacakan pemberian opini di kantornya belum lama ini.

Dijelaskannya, untuk masalah umum yang perlu perbaiak di pemerintah daerah pertama menyangkut tunjangan perumahan dan transportasi DPRD.

Harus perhatikan asas kepatutuan dan mengacu pada standar.

Kemudian masalah lainnya berkaitan dengan tenaga harial lepas (THL).

"Jumlahnya tidak ada kurangnya, harus ada analiasa beban kerja. Selanjutnya mengenai tenaga konsultan, disesuaikan dengan nilai kontrak. Personal dan waktu yang ditentukan karena hasil konsultan berdampak pada hasil pekerjaan," bebernya.

Kemudian‎ mengenai penggunaan Simda (sistem pengelolaan barang daerah) laksanakan dengan efektif, sambil perhatikan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Karena Simda merupakan produk BPKP beberapa daerah belum optimal SDMnya dalam input, perlu dibenahi.

Selanjutnya mengenai pengamanan aset, kata Tangga perlu dan sangat harus diperhatikan agar didukung dengan bukti kepemilikan, sehingga meminimalisir penyalahgunaan aset dan pengalihan dari daerah ke provinsi.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help