Tajuk Tamu - Bisnis Daur Ulang Sampah, Ekologis dan berdayaguna

Bisnis daur ulang sampah menjadi sesuatu yang berguna sekaligus bernilai dan bisa menghasilkan banyak keuntungan bagi masyarakat

Tajuk Tamu - Bisnis Daur Ulang Sampah, Ekologis dan berdayaguna
Ist
Stevanus Jabar 

Oleh: Stevanus Jabar (Mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng, Semester VIII)

Bisnis daur ulang sampah merupakan salah satu bisnis yang cara kerjanya mengolah (mendaur ulang) sampah menjadi sesuatu yang  berguna sekaligus bernilai dan bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Misalnya, pengolahan sampah basah seperti dedaunan menjadi pupuk, atau juga pengolahan sampah kering terutama sampah plastik seperti botol-botol plastik dan kemasan plastik lainnya menjadi barang-barang yang berguna dan bernilai seperti tas, sepatu, sandal, permainan dan pernak-pernik dalam rumah serta hal menarik lainnya.

Dari segi perbisnisan, usaha atau bisnis pengolahan (daur ulang) sampah menjadi satu terobosan penting yang bukan hanya berguna menghasilkan keuntungan tetapi juga berkontribusi dalam memberdayakan sumber daya manusia dan membangun paradigma ekologis.

Salah satu realita zaman ini yang sekaligus merupakan problem atau masalah yang dihadapi banyak negara terutama bangsa Indonesia adalah bertambahnya jumlah pengangguran.

Jumlah penduduk yang berkembang pesat, perpindahan penduduk dari desa ke kota secara berangsur-angsur yang mengakibatkan terjadinya kepadatan penduduk dan tidak cukupnya lapangan pekerjaan, sehingga mengakibatkan banyak pengangguran di mana-mana.

Bakat, talenta dan keahlian dalam pelbagai bidang tertentu dari generasi muda menjadi mubazir, terdiam dan tidak tersalurkan karena kurangnya kesempatan dan lapangan pekerjaan.

Dengan adanya usaha atau bisnis daur ulang sampah, dengan sendirinya terbuka lapangan pekerjaan baru yang bisa digeluti banyak orang yang mana serentak mengurangi jumlah pengangguran dalam negeri, serta memperdayakan sumber daya manusia yang ada, bakat dan talenta generasi muda bisa tersalurkan dan menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat.

Mendaur ulang sampah berarti mengumpulkan sampah-sampah yang ada, kemudian diolah sedemikian rupa menjadi barang yang unik, bermanfaat dan membawa keuntungan bagi banyak orang.

Jika dilihat dari sudut yang berbeda, usaha atau bisnis ini membantu manusiapada zaman ini membangun paradigma ekologis.

Halaman
12
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved