Sekilas Terlihat Seperti Es, Ternyata Makhluk ini Bisa Sebabkan Alergi,Ada di Pantai Gunungkidul

Suris mengatakan efek dari terkena sengatan makhluk ini adalah gatal, lalu dimungkinkan iritasi.

Sekilas Terlihat Seperti Es, Ternyata Makhluk ini Bisa Sebabkan Alergi,Ada di Pantai Gunungkidul
vietnamtravel

TRIBUNMANADO.CO.ID - Perairan Australia sudah memasuki musim dingin.

Wisatawan yang hendak mengunjungi pantai di Kabupaten Gunungkidul dihimbau untuk lebih berhati-hati, pasalnya ubur-ubur akan bermigrasi dan mencari perairan yang lebih hangat seperti di Laut Selatan Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Kabupaten Gunungkidul Badingah saat dihubungi Tribunjogja.com, Minggu (3/6/2018).

"Untuk bulan ini, bersamaan dengan melonjaknya wisatawan yang berkunjung untuk libur lebaran, sedangkan di Australia sudah mulai musim dingin. Banyak ubur-ubur yang akan masuk ke Indonesia, termasuk pantai selatan Gunungkidul, wisatawan agar lebih berhati-hati jangan asal memegang," kata Badingah.

Ia mengatakan, berbagai macam sudah dilakukan untuk mengantisipasi adanya korban dari ubur-ubur, antara lain mulai koordinasi dengan tim SAR, Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dinas Pariwisata Gunungkidul, serta puskesmas setempat.

"Jangan sampai tidak siap ketika ubur-ubur itu muncul. Yang perlu diperhatikan adalah anak-anak, karena mereka sering menyentuh ubur-ubur lantaran bentuk dan warnaya menarik bagi anak-anak," tuturnya.

Sementara itu Sekretaris SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Surisdiyanto mengatakan memang benar sudah ada ubur-ubur yang muncul tetapi masih dalam jumlah sedikit.

Ia menjelaskan, jumlah ubur-ubur akan banyak pada akhir bulan Juni-Agustus.

"Wisatawan agar taat kepada peraturan, jika ada ubur-ubur ya jangan dipegang. Kami selaku tim SAR selalu siap," katanya.

Suris mengatakan efek dari terkena sengatan ubur-ubur adalah gatal, lalu dimungkinkan iritasi.

Bahkan jika kondisi tubuh sedang tidak baik, korban akan merasakan sakit perut.

"Pertolongan pertama adalah dengan memberikan air hangat, dan alkohol mungkin dalam jangka waktu setengah jam sudah berkurang rasa sakitnya," katanya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan agar para wisatawan tidak takut dengan kemunculan ubur-ubur di Pantai Gunungkidul.

"Untuk wisatawan jangan takut berkunjung ke Pantai Gunungkidul, tetap taati peraturan dan berhati-hati, jika ada hewan asing jangan menyentuhnya," kata Hary.

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Waspadai Ubur-ubur Saat Berwisata ke Pantai di Gunungkidul.

Editor: Try Sutrisno
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help