1.742 Surat Suara yang Rusak Bakal Dibakar KPU Mitra

Sebanyak 1.742 suara suara untuk Pilkada pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Minahasa Tenggara rusak atau cacat.

1.742 Surat Suara yang Rusak Bakal Dibakar KPU Mitra
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Proses sortir, periksa dan pelipatan surat suara oleh KPU Mitra di kantor KPU Mitra 

TRIBUNMANADO.CO.ID  - Sebanyak 1.742 suara suara untuk Pilkada pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Minahasa Tenggara rusak atau cacat.

Kondisi itu ditemukan saat komisi pemilihan umum (KPU) Mitra melakukan penyortiran dan pelipatan di kantor KPU.

"1.742 surat suara yang rusak dan cacat akan dimusnakan dengan cara dibakar," tutur Irfan Rabuka, Komisioner KPU Mitra Divisi Logistik, Senin (5/6/2018).

Surat suara yang rusak dan cacat sudah disampaikan ke panwalu Mitra dan Polres Minsel, melalui surat resmi. Kemudian pihak KPU Mitra akan menyurut ke percetakan untuk meminta pergantian sejumlah yang rusak.

"Nanti kalau sudah ada gantinya baru di bakar yang rusak dan cacat, untuk waktunya kami jamin secepatnya," kata dia.

Adapun total surat suara 84.388 yang diterima dari pihak percetakan. Kerusakan tersebut disebabkan adanya bercak berwarna pada kolom kosong, sehingga surat suara tersebut tidak bisa digunakan dalam pemilihan.

"Karena Pilkada di Minahasa Tenggara hanya satu pasangan calon makanya format suaranya menggunakan dua kolom bergama dan kosong. Surat suara yang rusak kebanyakan karena ada bercak tinta berwarna di kolom kosong, maka kami langsung menyatakan surat suara tersebut rusak," jelasnya.

Semuel Montolalu dari tim pemenangan pasangan calon tunggal Bupati James Sumendap dan Wakil Bupati Joke Legi (JS-Oe) meminta agar proses pelipatan tidak ada kendala.

"Kami berharap proses pelipatan ini bisa berjalan dengan baik. Sehingga pada pemilihan mendatang tidak ada masalah dalam surat suara ini," kata Montolalu.

Dia meminta KPU dapat lebih teliti memeriksa kondisi surat suara yang sudah diterima.

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help