Respons Kebijakan Donald Trump, Kanada Terapkan Tarif Impor ke Amerika Serikat

Pada hari Kamis waktu setempat, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengumumkan penetapan tarif untuk produk serupa dari Amerika Serikat.

Respons Kebijakan Donald Trump, Kanada Terapkan Tarif Impor ke Amerika Serikat
Brightside
Justin Trudeau 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump menerapkan tarif impor pada produk aluminium dan baja dari Kanada langsung direspons dengan kebijakan serupa mencapai sekitar US$12,8 miliar.

Pada hari Kamis waktu setempat, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengumumkan penetapan tarif untuk produk serupa dari Amerika Serikat.

Trudeau mengatakan dalam sesi jumpa pers bahwa kebijakan tarif Amerika Serikat tak dapat diterima.

"Tarif itu adalah sebuah penghinaan terhadap kemitraan antara Kanada dan Amerika Serikat yang telah lama terbangun, dan terutama, penghinaan kepada ribuan orang Kanada yang ikut berjuang dan mati bersama saudara-saudara Amerika mereka," kata Trudeau seperti dilansir dari AFP.

"Kami harus percaya bahwa pada titik tertentu, akal sehat akan menang. Namun kami tak melihat tanda itu dalam kebijakan yang diterapkan pemerintah Amerika Serikat," imbuh Trudeau.

Kebijakan tarif Kanada akan diterapkan secara proporsional sesuai dengan apa yang dilakukan Amerika Serikat.

Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland mengatakan tarif akan dikenakan pada produk baja dan aluminium serta produk konsumer terhitung sejak 1 Juli.

Produk-produk konsumer yang dikenakan tarif meliputi yoghurt, kopi, gula, kertas toilet, mesin cuci, yang ditujukan untuk menekan sejumlah negara bagian Amerika Serikat yang banyak melakukan ekspor ke Kanada.

Di saat yang sama, Ottawa akan menentang langkah-langkah yang menurut mereka 'ilegal dan kontra produktif' dari Amerika Serikat, baik di Organisasi Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) maupun di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Polemik perdagangan antara Amerika Serikat dan Kanada muncul setelah upaya negosiasi selama sembilan bulan antara Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat untuk mengubah aturan NAFTA, mandeg.

Editor: Fernando_Lumowa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help