Tajuk Tamu - Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak

Tugas orang tua berkaitan dengan pendidikan anak, keluarga memiliki peran bagi anak dengan memberikan pengajaran untuk tumbuh kembang mereka

Tajuk Tamu - Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak
Ist
Sisco Fransiskus Gio 

Oleh: Sisco Fransiskus Gio (Mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng)

Keluarga memiliki peran bagi anak, di mana mereka tidak hanya melahirkan anak-anak tetapi juga memanusiakan mereka lewat mendidik dan membina mereka. Tugas orang tua berkaitan dengan pendidikan anak, yakni orang tua harus memberikan pengajaran yang tidak lepas dengan nilai-nilai atau keutamaan-keutamaan yang di butuhkan oleh masyarakat.

Ketika anak sudah lahir, orang tua terikat dengan tugas dan tanggungjawab yang amat penting dan tidak mudah. Orang tua adalah sekolah pertama dan utama bagi perkembangan dan kemajuan anak-anak. Peran mereka untuk mendidik anak-anak sangat menentukan, sehingga hampir tidak ada alasan apapun yang bisa dibenarkan bagi kegagalan tugas itu.

Orang tua harus berusaha untuk mencapai tugas-tugas mereka sebagai pendidik bagi anak-anak. Dalam keluarga, orang tua harus menyadari bahwa tugas yang mereka miliki sangat mulia, yang tak lepas dengan kelangsungan hidup.

Selain itu juga, para orang tua harus tahu dan mau untuk mendidik anak-anak mereka, berkaitan juga dengan masa depan serta mereka sementara mempersiapkan generasi-generasi muda yang dapat dibanggakan oleh masyarakat, bangsa dan negara.

Orang tua tidak boleh mengabaikan tugas mereka, karena mereka telah menyalurkan kehidupan baru. Jika tugas dan tanggungjawab sebagai orang tua diabaikan, maka dapat dikatakan bahwa mereka telah menolak rahmat yang diberikan oleh Allah. Tugas dan tanggungjawab orang tua, harus dipandang sebagai suatu anugerah bukan sebagai beban.

Tentu, perjuangan orang tua memiliki proses yang tidak ada henti-hentinya untuk mendidik dan membina anak-anak mereka. Orang tua harus berusaha sedemikian rupa untuk mendidik anak-anak, agar anak-anak dapat belajar dan melatih diri untuk berjuang dan hidup mandiri.

Disamping itu, orang tua juga menjadi model, prinsip, pegangan yang memberikan nilai-nilai: kebaikan, keramahan, kesetiaan, pelayanan dan pengorbanan. Orang tua juga dapat memberikan pendidikan yang bersifat akademik, namun tidak dapat dipungkiri jika hal tersebut tidak semua dapat diberikan, tetapi orang tua harus mengajari nilai-nilai dasar berkaitan dengan pendidikan anak-anak.

Ciri khas pendidikan oleh orang tua ialah dimotivasikan atau didorong oleh kasih sayang orang tua kepada anak-anak. Kasih sayang orang tua, merupakan suatu nilai yang utama, karena hal itu menjadikan anak-anak mengenal dan memahami akan makna hidup yang mendalam.

Oleh karena itu, pendidikan orang tua tidak dapat digantikan oleh siapa pun, karena dari pendidikan orang tualah anak-anak dapat melihat dan merasakan serta tahu menjadi pribadi-pribadi yang dapat berelasi dan berkomunikasi dengan orang lain. Anak-anak juga harus diajarkan tentang betapa pentingnya suatu relasi yang didasarkan atas sikap keterbukaan.

Halaman
12
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help