Indonesia Terus Perkuat Neraca pembayaran

Indonesia terus memperkuat neraca pembayaran dengan terus meningkatkan ekspor melalui peningkatan daya saing ekonomi

Indonesia Terus Perkuat Neraca pembayaran
TRIBUNMANADO/HERVIANSYAH
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Indonesia terus memperkuat neraca pembayaran dengan terus meningkatkan ekspor melalui peningkatan daya saing ekonomi.

Selain itu, memacu produktivitas, memperbaiki iklim dan kemudahan investasi, serta mempercepat dan memperdalam reformasi struktural di sektor riil untuk menopang pertumbuhan ekonomi yang sehat dan berkelanjutan, Jumat (1/6/2018).

"Dengan fundamental ekonomi yang baik, Indonesia memiliki prospek pertumbuhan jangka menengah yang sangat baik," ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulut Soekowardojo saat menyampaikan siaran pers BI.

Sumber pertumbuhan adalah ekspor dan investasi. Ekspor juga menjadi kunci penurunan defisit transaksi berjalan yang sifatnya struktural.

Langkah reformasi struktural dilakukan antara lain melalui perbaikan infrastruktur, perijinan, kepabeanan, dan lain-lain.

Perbaikan iklim investasi juga ditempuh dengan melakukan percepatan proses perijinan berusaha di tingkat Lembaga/Kementerian dan Pemda melalui implementasi Online Single Submission (OSS).

Selain itu, untuk mendorong investasi industri dari hulu ke hilir, pemerintah memberikan insentif investasi berupa Tax Holiday, Tax Allowances, dan super deduction untuk penggantian biaya pendidikan dan pelatihan vokasi serta biaya penelitian dan pengembangan research and development.

Pemerintah melalui Menteri Keuangan telah menerbitkan peraturan dengan memberikan Tax Holiday 100% kepada industri pionir.

Keseluruhan upaya reformasi struktural di atas diharapkan dapat mendorong peningkatan investasi dan ekspor untuk menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia pada jangka
menengah.

Penulis: Herviansyah
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help