Cina Pelopori Jasa Layanan Drone untuk Antar Makanan

Mereka melakukan pengantaran makanan dengan drone di Jinshan Industrial Park, Shanghai, China.

Cina Pelopori Jasa Layanan Drone untuk Antar Makanan
NET
Ilustrasi drone 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Cina telah memulai debut untuk melakukan pengiriman makanan menggunakan drone. Hal ini dilakukan oleh perusahaan pemesanan makanan raksasa di Cina, Ele.me. Mereka melakukan pengantaran makanan dengan drone di Jinshan Industrial Park, Shanghai, China.

Makanan memang tidak langsung diantar ke tempat dimana pemesan berada. Tapi perusahaan itu memberikan titik pengantaran tertentu. Mereka memiliki 17 titik pengantaran.

Perusahaan itu mengklaim bahwa makanan yang dipesan akan tiba dalam 20 menit. Cara ini disebut lebih cepat daripada harus mengantarkan makanan lewat jalur darat.

Otomasi ini disebut Ele.me juga menurunkan biaya operasional pengantaran makanan. Sebab, mereka hanya membutuhkan pengantaran dengan tenaga manusia untuk 15 persen rute yang belum ditangani oleh drone tersebut. Kurir pun disebut bisa mendapat pendapatan hingga lima kali lebih besar, demikian ditulis Engadget.

Cara ini sepertinya hanya bisa diterapkan di daerah tertentu saja. Besar kemungkinan layanan ini akan sulit diterapkan di daerah pemukiman yang lokasinya tersebar, tidak terpusat layaknya wilayah gedung perkantoran.

Wilayah pengantaran Ele.me meliputi wilayah seluas 58 kilometer persegi. Layanan ini juga menyediakan pengantaran untuk 100 gerai makanan.

Dalam uji coba sebelumnya, drone E7 ini mampu mengangkat makanan hingga enam kilogram. Drone itu juga bisa terbang sejauh 20 kilometer dengan kecepatan 65 kilometer per jam, demikian diberitakan SCMP.

Editor: Fernando_Lumowa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved