Laba Industri Cina Melesat 21,9 Persen per April 2018, Tercepat dalam 6 Bulan Terakhir

Laju pertumbuhan ini tercatat tercepat dalam enam bulan terakhir sejak Oktober 2017.

Laba Industri Cina Melesat 21,9 Persen per April 2018, Tercepat dalam 6 Bulan Terakhir
AFP
Mata Uang Cina, Yuan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Keuntungan pelaku industri Cina melesat 21,9 persen pada April 2018. Laju pertumbuhan ini tercatat tercepat dalam enam bulan terakhir sejak Oktober 2017.

Biro Statistik Nasional (National Bureau of Statistic/NBS) melansir laba industri Cina naik menjadi 576 miliar yuan (US$90,14 miliar). Secara kuartal, pertumbuhannya mencapai 15 persen.

Mengutip Reuters, Senin (28/5), realisasi ini jauh melampaui pertumbuhan ekonomi Cina pada periode yang sama, yakni 6,8 persen.

"Pertumbuhan profit industri Cina ditopang oleh kenaikan harga dan permintaan pasar yang masih kuat di tengah perang dagang dengan Amerika Serikat (AS)," ujar Kepala Divisi Industri NBS He Ping.

Pertumbuhan profit industri pada April terpaut jauh dari bulan sebelumnya yang hanya 3,1 persen. Pertumbuhan pada Maret memang tercatat yang paling lambat dalam setahun terakhir, mengingat dampak libur perayaan Imlek.

He Ping menyebut realisasi pertumbuhan laba industri yang kuat pada April akan membantu menekan kekhawatiran perlambatan ekonomi Cina.

Analisis Reuters menunjukkan bahwa pertumbuhan utang perusahaan-perusahaan China melambat ke tingkat terendah selama lebih dari satu dekade.

Meski demikian, ekonom yang disurvei Reuters memperkirakan perlambatan ekonomi Cina akan terjadi secara bertahan menjadi sekitar 6,5 persen pada tahun ini dibandingkan 6,9 persen pada akhir tahun lalu.

Editor: Fernando_Lumowa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help