Bupati Sangihe dan Forkopimda Pantau Jalannya Pemilihan Kepala Desa

Bupati Jabes Gaghana dan Forkopimpda memantau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades)

Bupati Sangihe dan Forkopimda Pantau Jalannya Pemilihan Kepala Desa
ISTIMEWA
Bupati Jabes Gaghana dan Wakil Bupati Helmud Hontong, bersama pimpinan Forum Kooordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimpda) memantau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di sejumlah wilayah di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Senin (28/5/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bupati Jabes Gaghana dan Wakil Bupati Helmud Hontong, bersama pimpinan Forum Kooordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimpda) memantau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di sejumlah wilayah di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Senin (28/5/2018).

Bupati  Jabes Gaghana mengatakan, pelaksanaan agenda tersebut sesuai dengan yang diharapkan dan antusias masyarakat terhadap pelaksanaan Pilkades sangat maksimal dengan kehadiranya di TPS untuk memberikan hak suara mereka.

"Secara situasional sangat luar biasa, masyarakat disini membangun demokrasi yang antusias sehingga kehadiran dari pemilih mencapai 90 persen, itu cukup bagus," ungkapnya.

Lanjutnya, Pemkab Sangihe ataupun panitia ditingkat Kabupaten lebih meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat dan masalah data pemilih lebih dimaksimalkan demi meminimalisir permasalah dilapangan.

Bupati bersama rombongan pertama memantau pelaksanaan Pilkades di Kecamatan Kendahe.

Selanjutnya menuju ke Kecamatan Tabukan Utara (Tabut), tepatnya di Kampung Likuang, Bupati dan Wabup turun langsung sambil melihat dan berbaur bersama masyarakat setempat.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sangihe Benhur Takasihaeng mengatakan, harapanya dalan pelaksanaan Pilkam ini bisa mencapai 85 persen suara dari pemilih, dan juga antusias dari masyarakat itu sendiri sangat luar biasa.

"Kami berharap dalam pelaksanaan pilkades serentak tahun 2018 ini bisa mencapai sekurangya 85 persen dari pemilih sendiri, dan dilihat dari keadaan masyarakat yang memilih antusias mereka sangat luar biasa. Dan ini menandahkan bahwa masyarakat sangihe sudah menunjukan kesadarannya," kata Takasihaeng.

Kapolres Sangihe AKBP Sudung Napitu menjelaskan, situasi Kambtibmas masih relatif kondusif, serta dibeberapa TPS ada Personil yang mengawasi Pilkam tersebut.

"Secara umum untuk situasi Kambtibmas saat Pilkam terbilang relatif kondusif. Dan kemudian ada beberapa tempat yang menjadi asumsi dari pihak kepolisian dimana disetiap dua TPS ada satu aparat yang mengawasinya, sedangkan di tempat-tempat tertentu diisi satu aparat secara khusus, untuk mengawasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Napitu sambil memjelaskan.

Sebanyak 145 kampung yang ada di Kabupaten Sangihe ada 113 Kampung yang menggelar Pilkam. Sedangkan sisanya 32 kampung nantinpada tahun 2020.

Penulis: Jhonly Kaletuang
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help