Torang Kanal

Merisa Ajak untuk Saling Menghargai Sesama Agama

Menurutnya, setiap agama tentu mengajarkan untuk menghargai teman-teman yang berbeda agama.

Merisa Ajak untuk Saling Menghargai Sesama Agama
TRIBUN MANADO/MAICKEL KARUNDENG
Merisa N Prang 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Berpuasa adalah ialah suatu bentuk merendahkan diri yang disertai penyesalan mendalam baik roh dan jiwa melalui menahan diri atas makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa.

Merisa N Prang, satu di antara warga Kristen berkata, berpuasa kita menahan hawa nafsu dan segala godaan duniawi. "Puasa juga menjadi titik tolak kita untuk melatih mengendalikan diri, memahami perasaan orang lain, empati dan simpati, dan meneladani apa yang yang baik," ucap gadis kelahiran Tomohon 19 November tahun 1997 kepada TribunManado.co.id, Minggu (27/5/2018).

Menurut Merisa, pusat dari seluruh perbuatan manusia bertumpuh pada hawa nafsunya.

Ketika seseorang melakukan kekerasan, marah dan tindakan yang tidak baik.

Maka dia sedang dikalahkan oleh hawa nafsunya.

"Saya beragama Kristen namun saya turut menghargai teman-teman saya yang beragama Muslim," kata Merisa yang hobi membaca buku ini.

Di kampus teman-temanya ada yang beragama muslim.

"Ketika mau makan di kelas atau mau makan di tempat-tempat lain saya harus menghargai mereka yang sedang berpuasa dengan tak boleh makan atau minum di depan mereka," ujar mahasiswa aktif semester IV di Unima.

Putri pasangan Alfie Prang dan Femmy Masoko menambahkan, setiap agama tentu mengajarkan untuk menghargai teman-teman yang berbeda agama.

"Perpecahan terjadi dikarenakan kurangnya saling menghargai antar sesama. Untuk itu marilah teman-teman kita saling menghargai satu dengan yang lainnya tanpa membeda-bedakan agama, ras, suku, budaya, dan lainnya," ungkap mahasiswi yang berdomisili di Kelurahan Imandi, Kecamtan Dumoga Timur.

"Marila kita mencintai damai untuk kesejahteraan bersama. Selamat berpuasa bagi umat Muslim," tutup anak kedua dari tiga bersaudara ini. (Tribunmanado.co.id/Maickel Karundeng)

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved