KKP RI Berhasil Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster Senilai Puluhan Miliar Rupiah

Sebanyak 389.591 benih lobster telah berhasil diselamatkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, pada Rabu (23/5/2018).

KKP RI Berhasil Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster Senilai Puluhan Miliar Rupiah
Instagram
Menteri Susi Pudjiastuti 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebanyak 389.591 benih lobster telah berhasil diselamatkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, pada Rabu (23/5/2018).

Informasi ini diunggah oleh akun Instagram Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Melalui akun @susipudjiastuti115, ia mengunggah foto dirinya memegang plastik serta foto lobster dan benih lobster dalam plastik.

Ia juga menuliskan caption:

"Sebanyak 389.591 benih/benur lobster telah berhasil diselamatkan oleh @kkpgoid dengan Direktorat Tindak Pindana Tertentu Bareskrim Polri dari upaya penyelundupan. Jika berhasil diloloskan, kita bisa rugi Rp 58,4 miliar.

Sekarang ini memang musim bibit dan nanti di bulan September-Oktober semestinya adalah musim panen lobster yang besar-besar. Bayangkan kalau bibitnya diambil, bagaimana nelayan nanti bisa panen?

Saya sangat prihatin bila masyarakat harus menjual bibit seharga Rp 3.000 per ekor ke pengepul, sementara kita bisa menghasilkan nilai lebih ketika menunggu lobster menjadi lebih besar, berapa kerugian yang akan dialami nelayan kita? .
@kkpgoid bersama Bareskrim Polri akan terus berupaya untuk memberantas rantai penyelundupan ini. Karena tidak hanya mencegah kerugian miliaran saja, melainkan juga menjaga sumber daya genetik dan keberlanjutan stock lobster Indonesia. (23/5)," tulis Susi.

Dikutip Tribunwow dari Kompas.com, penangkapan benih lobster itu bermula saat R, pelaku penyelundupan hendak menuju Singapura dari Kendari.

Kapolres Bandara Soekarno-Hatta AKBP Victor Togi Tambunan mengatakan, R berencana menyelundupkan ratusan bibit lobster itu menggunakan koper.

"Dia mau bawa ke Singapura, pakai koper dimasukkan ke dalam koper," ujar Victor saat dihubungi Kompas.com, Jumat (25/5/2018).

Saat transit di Bandara Soekarno-Hatta, R harus menunggu pesawat lebih lama karena mengalami keterlambatan.

Petugas bandara berencana memulangkan koper milik R.

Namun, R mengaku bukan pemilik koper tersebut dan bergegas meninggalkan bandara.

Petugas yang curiga melakukan pemeriksaan x-ray dan mendapati ratusan bibit lobster di dalamnya. (Tribunwow/Tiffany Marantika)

Editor: Siti Nurjanah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved