Novena dan Proses Salib Suci Umat Kevikepan Tonsea Sukses

Salib Suci Kevikepan Tonsea untuk Yubileum 150 tahun Gereja Katolik bertumbuh kembali di wilayah Keuskupan Manado menyambangi Paroki Lembean

Novena dan Proses Salib Suci Umat Kevikepan Tonsea Sukses
Ist
Salib Suci Kevikepan Tonsea untuk Yubileum 150 tahun Gereja Katolik bertumbuh kembali 

Laporan Wartawan Tribun Manado David Manewus

TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI - Salib Suci Kevikepan Tonsea untuk Yubileum 150 tahun Gereja Katolik bertumbuh kembali di wilayah Keuskupan Manado akan menyambangi Paroki Lembean. Rencananya akan diterima 16 Juni 2018.

"Dari Lembean, lalu ke Airmadidi, Watutumou lalu ke Kema. Setelah itu ke Lotta," ujar Andries Umboh, Selasa (22/5/2018).

Sementara itu, setelah berpindah dari satu Paroki ke Paroki yang lain, Sabtu (19/5/2018),  Salib Suci berpindah dari Paroki Kokoleh ke Paroki Laikit. Misa syukur untuk ini berlangsung khusuk dan hikmat yang dipimpin oleh Pastor Berce Karundeng, Pr beserta semua Pastor Vikep Tonsea.

Renungan atau homili yang disampaikan Pastor Paroki Girian Didi Poluan antara lain mengingatkan umat tentang Perayaan Pentakosta. Saat Pentakosta, para murid berani bersaksi, berkhotbah tentang Yesus Kristus

"Saat Pentakosta, murid orang Galilea berbahasa yang dimengerti oleh orang lain," katanua.

Ia mengatakan Roh Kudus dilambangkan dengan air dan api. 

 "Percikan air saat baptisan, kita dicurahkan Roh Kudus dan saat Krisma kita mendapatkan penguatan," katanya.

Ia mengatakan Roh Kudus selalu hadir di setiap doa umat. Karena itu, pengikut Kristus tidak boleh 3L (Lome, Loyo dan Lepe-Lepe).

"Dengan Roh Kudus kita akan dikuatkan," katanya.

Vikep Tonsea Pastor Ferry Runtu merasa sangat bersyukur atas semua anugerah Tuhan bagi umat Vikep Tonsea. Prosesi Salib Suci tidak hanya dari paroki ke paroki tapi juga sampai ke stasi-stasi dalam paroki. 

"Umat menghormati salib, berdevosi, bersyukur, berdoa sesuai intensinya masing-masing," katanya.

Sementara itu tokoh umat yang hadir Fabian Kaloh, mengatakan novena dan misa syukur proses salib suci ini dihadiri ribuan umat dari delapan paroki kevikepan Tonsea ini, adalah manifesti syukur umat atas anugerah Tuhan dan menurutnya itu patut diberikan apresiasi.

"Paroki Laikit adalah Paroki kelima dilaksanakan Novena dan Prosesi Salib dalam rangka Yubileum 150 tahun kembalinya Gereja Katolik Tumbuh Berkembang di Keuskupan Manado, yang jumlah umat yang hadir setiap bulan trennya bertambah jumlahnya," katanya.

Penulis: David_Manewus
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help