Toar Palilingan Minta Polisi Tindak Tegas Pengujar Kebencian di Medsos

Sudah saatnya aparat penegak hukum bertindak tegas kepada mereka yang melakukan tindak pidana di dunia maya.

Toar Palilingan Minta Polisi Tindak Tegas Pengujar Kebencian di Medsos
ISTIMEWA
Toar Palilingan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Sudah saatnya aparat penegak hukum bertindak tegas kepada mereka yang melakukan tindak pidana di dunia maya.

Khususnya ujaran kebencian di media sosial.

"Semua pihak termasuk jajaran kepolisian telah berulang- ulang mengingatkan kepada semua kalangan untuk hati- hati dalam menggunakan media sosial," ujar Toar Palilingan, Dosen Hukum Universitas Negeri Sam Ratulangi Manado, Kamis (17/5/2018).

Apalagi pasca peledakan bom teroris beberapa waktu lalu.

Palilingan meminta agar tidak menyebar konten - konten yang dapat menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan apalagi mengandung unsur sara.

"Penggunaan media sosial secara tidak bertanggung jawab khususnya menyebar permusuhan dengan mengandung unsur sara ancaman hukuman pidananya di atas lima tahun, sehingga bisa langsung ditahan," ujarnya.

Bahkan secara tegas pasal larangan dan sanksi diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Elektronik. Perbuatan pelaku ujaran kebencian dapat dikenakan Pasal 28 Ayat 1-2.

"Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan, yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam transaksi elektronik," ungkapnya.

Selanjutnya, setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan.

"Sanksinya ada di Pasal 45 Ayat 2 dengan hukuman pidana penjara paling lama enam tahun dan atau denda paling banyak Rp 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah)," jelas Palilingan. (Tribunmanado.co.id/Finneke Wolajan)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help