Lulusan SMK Dominasi Pengangguran Terbuka di Sulawesi Utara

Angka pengangguran terbuka di Sulawesi Utara(Sulut) pada Februari 2018 tercatat sebesar 6,09 persen

Lulusan SMK Dominasi Pengangguran Terbuka di Sulawesi Utara
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi pengangguran. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Angka pengangguran terbuka di Sulawesi Utara(Sulut) pada Februari 2018 tercatat sebesar 6,09 persen, lebih tinggi dari angka nasional yang sebesar 5,13 persen.

"Namun bila dibandingkan dengan Februari tahun lalu, angka  pengangguran terbuka mengalami penurunan 0,03 poin," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut Moh Edi Mahmud, Rabu (16/5).

Meskipun angka pengangguran terbuka turun, namun jika dilihat dari pendidikan

tertinggi yang ditamatkan, pada Februari 2018 sebagian besar penganggur di Sulawesi Utara  merupakan pengangguran terdidik.

Semakin tinggi pendidikan, semakin tinggi angka  pengangguran. Persentase tertinggi adalah penganggur berpendidikan SMK dan selama setahun terakhir persentasenya meningkat secara signifikan sebesar 7,96 persen.

Hal ini menarik mengingat lulusan SMK sejatinya dipersiapkan untuk menjadi tenaga terampil yang siap  terjun ke dunia kerja.

Angka pengangguran terbuka menggambarkan besarnya persentase angkatan kerja yang mencari pekerjaan, mempersiapkan usaha, merasa tidak mampu mendapatkan pekerjaan, atau sudah mendapatkan pekerjaan tetapi belum mulai bekerja

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help