Sidang Pemecah Ombak

Jadi Saksi di Sidang Pemecah Ombak, Direktur BNPB Ungkap Sejumlah Fakta

Tiga saksi dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum dalam sidang korupsi pemecah ombak di Desa Likupang,

Jadi Saksi di Sidang Pemecah Ombak, Direktur BNPB Ungkap Sejumlah Fakta
TRIBUNMANADO/NIETON DURADO
Tiga saksi dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang korupsi pemecah ombak di Desa Likupang, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), di Pengadilan Negeri (PN) Manado pada Kamis (17/5/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Manado Nielton Durado

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Tiga saksi dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang korupsi pemecah ombak di Desa Likupang, Kabupaten Minahasa Utara (Minut),  di Pengadilan Negeri (PN) Manado pada Kamis (17/5/2018)

Ketiga saksi tersebut adalah Vonnie Veronica Seon, seorang makelar yang pernah dipinjami uang oleh Bupati Minut sebesar Rp 750 juta.

Kedua yakni Meike Pantouw saksi Ad Charge atau saksi meringankan terhadap terdakwa Robby Moukar, dan yang terakhir yakni Direktur BNPB Junjungan Tambunan.

Dalam sidang tersebut yang menarik adalah kesaksian dari Junjungan Tambunan yang mengatakan adanya peran dari Sekertaris Utama (Sestama) dan Deputi BNPB dalam pencairan proyek tersebut.

Baca: Terkait Kasus Pemecah Ombak di Likupang, Direktur BNPB Ditahan Kejati Sulut

"Tanpa ada saya, dana siap pakai yang bernilai Rp 15 Miliar itu bisa cair. Karena usulan tersebut masuk ke pimpinan, lalu diserahkan ke Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Biro keuangan sebelum dicairkan ke daerah," ujarnya.

Ia juga mengatakan sempat bertemu Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan dan Kepala Dinas BPBD Rosa Tindajoh sebanyak dua kali, ketika melakukan presentasi.

"Yang saya ingat dua kali, dan pernah di dalam ruangan saya," ucapnya.

Akan tetapi kejanggalan ditemukan ketika Junjungan mengatakan bukan penanggung jawab atas dua orang yang melakukan survei selama beberapa menit di lokasi proyek.

"Itu bukan atas perintah saya, dan itu instruksi dari Deputi Tri Budiarto," aku dia.

Baca: Kasus Pemecah Ombak di Likupang, Kejati Sulut Indikasikan JT Bukan Tersangka Terakhir

Halaman
12
Penulis: Nielton Durado
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help