Usai Coklit KPU Segera Susun DPHP

Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan melakukan rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutahiran (DPHP) lewat tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit)

Usai Coklit KPU Segera Susun DPHP
TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
Bupati Bolsel Haji Herson Mayulu (H2M) peserta pertama di Bolsel yang di Coklit oleh KPUD Bolsel 

Liputan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

MOLIBAGU,TRIBUNMANADO.CO.ID - Waktu untuk tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) pemutahiran daftar pemilih untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 akan berakhir pada Kamis (17/5).

Setelah itu Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan melakukan rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutahiran (DPHP) yang akan dijadikan sebagai Daftar Pemilih Sementara.

Sebagaimana yang diutarakan oleh Stanly Kakunsi, Komisioner Divisi Perencanaan dan Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Bolsel, bahwa proses Coklit akan dilakukan selama 30 hari.

Panitia pemutahiran daftar pemilih (Pantarlih) akan terus bekerja untuk mencocokkan dan meneliti daftar pemilih langsung disetiap rumah.

"Kita mutahirkan semua datanya sehingga data hasil Coklit itu yang akan dijasikan sebagai DPS setelah proses rekapitulasi di tingkat PPS dan PPK selesai." jelas Eskol sapaan akrabnya, Rabu (16/5/2018) diruang kerjannya.

Kata dia, termasuk pemilih baru juga akan didata. Sebagaimana langkah dari awal, dimana KPU dalam menjalankan semua proses tahapan berkomitmen dapat menghasikan daftar pemilih yang berkualitas akurat.

"Semua warga negara yang memenuhi syarat bisa masuk dalam daftar pemilih," ujarnya.

Lanjutnya, usai Coklit, terhitung 18 Mei hingga 8 Juni nanti adalah masa rekapitulasi ditingkat PPS untuk hasil Coklit Pantarlih.

"Setelah ditingkat PPS selesaikan dilanjutkan ditingkat PPK dan berjenjang hingga ke pusat," jelasnya.

Tambahnya nantinya KPU akan mengumumkan DPSnya dan warga masyarakat diminta dapat memberikan masukan jika memang masih ada warga yang memenuhi syarat belum masuk dalah daftar sementara.

"Tentu harus disertai bukti bukti otentik pasti akan kita akomodir," tukasnya. 

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help