Kesbangpol Bolmong Gelar Pertemuan dengan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat

Kesbangpol Bolmong menggelar pertemuan dengan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) demi menangkal dan menditeksi paham radikalisme dan terorisme

Kesbangpol Bolmong Gelar Pertemuan dengan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat
Ist
Kesbangpol Bolmong Gelar Pertemuan dengan FKDM 

Laporan Wartawan Tribun Manado Maickel Karundeng

LOLAK, TRIBUNMANADO.CO.ID - Demi menangkal dan menditeksi paham radikalisme dan terorisme di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bolmong menggelar pertemuan dengan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Rabu (16/5) di kantor Kesbangpol, Kota Lolak.

Pertemuan dipimpin langsung Sekretaris Kesbangbol Bapak Deker Rompas.

Dalam pertemuan tersebut Sekretaris Kesbangpol mengatakan bahwa pertemuan ini membahas tentang segala potensi masalah di setiap kecamatan. "Peran FKDM dalam temu cepat dan lapor cepat terhadap potensi ancaman di daerah guna mendukung terwujudnya keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat," ucap Rompas.

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2006 tentang kewaspapaan dini masyarakat di daerah guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Adapun tujuan pembentukan Forum kewaspadaan dini masyarakat adalah untuk membantu instrumen negara dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, melalui upaya atau deteksi dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana dalam masyarakat atau daerah.

“Dengan fungsi pendeteksian dan pengidentifikasian, maka FKDM perlu diberikan gambaran umum mengenai potensi atau kecenderungan ancaman, dalam perspektif intelijen, khususnya terkait dengan perkembangan situasi yang ada didaerah” pungkasnya.

Turut hadir para tokoh-tokoh masyarakat Bolmong, tokoh agama, serta tamu undangan yang tergabung pada FKDM Bolmong.

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help